Tumbang- Pohon tumbang menimpa palinggih Pura Pasek Gelgel Desa Gegelang, Manggis, Karangasem. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras disertai dengan angin kencang yang melanda wilayah Karangasem menimbulkan puluhan bencana alam pohon tumbang di sejumlah titik, Sabtu (24/12). Akibat kejadian itu, kerugian materiil mencapai ratusan juta rupiah.

Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, Minggu (25/12)mengungkapkan, berdasarkan pendataan sementara yang dilakukan oleh pihaknya, tercatat ada puluhan titik bencana alam pohon tumbang yang tersebar di sejumlah seluruh di Karangasem. “Semua kecamatan terjadi bencana pohon tumbang akibat angin kencang ini,” ucapnya.

Baca juga:  Mess Pendeta Terbakar, Kerugian Capai 150 Juta

Arimbawa, menambahkan, bencana alam pohon tumbang yang terjadi, selain menimpa akses jalan raya juga menimpa bangunan rumah, dapur, penyengker, merajan pribadi, serta Pura Dadia. “Kejadian ping banyak terjadi di Kecamatan Bebandem. Disana tercatat ada 22 titik bencana pohon tumbang. Kemudian Kecamatan Manggis sebanyak 6 kejadian, Selat 5 kejadian, Rendang 1 kejadian, Abang 2 kejadian, Karangasem 1 kejadian, Sidemen 1, dsn Kubu 2 kejadian,” katanya.

Dia menjelaskan, akibat bencana tersebut, kerugian materiil yang ditimbulkan cukup besar. “Kerugian materiil sementara yang dialami akibat bencana itu mencapai ratusan juta rupiah,” jelas Arimbawa.

Baca juga:  Hari Ini, Puncak Pergerakan Penumpang Pesawat ke Bali Rayakan Pergantian Tahun

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya menghimbau kepada masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan, yakni banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan petir. Selain itu juga, penggunaan transportasi laut, nelayan, wisata bahari dan warga yang beraktivitas di pesisir laut untuk mewaspadai kecepatan angin serta gelombang laut. (Eka Prananda/Balipost)).

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *