Suasana latihan Inaugurasi Tejarasmi yang akan membuka Denfest 2022. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Garapan Inagurasi Tejarasmi akan menjadi pembuka gelaran Denpasar Festival (Denfest) ke-15 Tahun 2022, sore ini. Sanggar Palawara Musik Companny dipercaya menggarap sebuah garapan yang bakal disajikan pada pembukaan Denpasar Festival (Denfest) 2022 pada Rabu sore hingga malam nanti di kawasan Catur Muka Kota Denpasar.

Pelaksanaan Gladi Resik Selasa (20/12) malam ditinjau langsung Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Sekda IB. alit Wiradana. Turut mendampingi Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Sebelum mengikuti gladi, satu persatu persiapan ditinjau. Mulai dari kesiapan stand, panggung, dekorasi hingga pementasan seni.

Baca juga:  Sempat Acungkan Senjata, Pedagang Bakso Diadili Kasus Pencurian

I Wayan Ary Wijaya sebagai konseptor dan penata musik mengungkapkan, membuat komposisi ini tidak terlalu rumit, namun kesan dan suasananya diajak ke tempo dulu. Garapan ini memadukan alat musik band, gamelan tradisional seperti barungan jegog, barungan kendang, ceng-ceng, perkusi dan alat musik lainnya.

Selain itu, sajian tari dikemas dalam olah gerak yang mengambil dasar-dasar tari tradisi dan primitif. “Saya menggarap musik itu sebagai alat komunikasi, ilustrasi, sehingga tak terlalu sulit. Musik di sini sebagai sebuah ajang teatrikal, sehingga menonjolkan warna sounding dari instrument, bukan dari teknik permainannya,” kata Ary Palawara sapaan akrabnya.

Ary Palawara mengatakan, garapan ini berawal dari mengekplorasi ide Wali Kota Denpasar yang menjadikan perhelatan Denfest ke-15 tahun ini bernuansa nostalgia. Karena itu, garapan ini tak murni menyajikan alat musik gamelan, band serta alat musik lain, tetapi dipadu dengan video bumper yang akan menggambarkan suasana ke masa lalu, untuk bernostalgia.

Baca juga:  Usung Seni Tradisi, Denpasar Gelar "Melepas Matahari 2022" Libatkan Ratusan Seniman

Wali Kota mengandeng beberapa seniman bondres, komedian lokal naik bemo berkeliling Kota Denpasar menyapa masyarakat. Dalam inagurasi ini ada kaitannya dengan bernostalgia, yang artinya menuju terang seperti tema Denfest ke-15 tahun 2022 adalah Tejarasmi yang artinya cahaya keindahan terang itu sama dengan dari dunia lampau menuju perkembangan dimasa mendatang.

Ary menuturkan garapannya dibagi beberapa babak yakni suasana pagi (surya sewana) , kemudian babak yang menceritakan tentang rakyat yaitu aktivitas masyarakat di Pasar Badung, babak berikutnya Teja Rasmi atau cahaya keindahan, lantas menampilkan gambaran arca serta relief menghadirkan para penari, kemudian babak selanjutnya menyajikan paduan garapan Ardi Merdangga yang rencananya Wali Kota Jaya Negara ikut main kendang yang diakhiri dengan nyanyian Denpasar Festival.

Baca juga:  Stand Up Comedy hingga Navicula Siap Memeriahkan Denfest Hari Ini

Dalam garapan ini, Arik Wijaya melibatkan beberapa grup dan sekaa kesenian, seperti Stikom Bali untuk gamelan Adi Merdangga, Sanggar Palawara, dan Kadapat, sehingga dalam garapan ini akan terlibat sekitar 90 orang seniman tari, tabuh dan musisi. Karena ini bukan garapan komposisi, maka ia membuat musik sebagai alat komunikasi, ilustrasi, sehingga tak terlalu sulit. (Asmara Putera/balipost)

 

BAGIKAN