Ketut Mardjana. (BP/Dokumen)

BANGLI, BALIPOST.com – Jelang libur Natal dan Tahun Baru, pemesanan kamar hotel di Kintamani mengalami peningkatan. Ketua PHRI Bangli Ketut Mardjana optimis mendekati akhir tahun tingkat hunian kamar hotel di Kintamani penuh.

Demikian juga destinasi wisata di Kintamani akan ramai dipadati wisatawan. Pada Senin (19/12), Mardjana mengatakan dibanding tahun sebelumnya, tingkat pemesanan kamar hotel jelang libur Nataru saat ini mengalami kenaikan.

Baca juga:  Sukses, Peserta Malang Flower Carnival 2017 Meningkat 90 Persen

Ia menyebutkan di hotel miliknya, saat ini pemesanan kamar sudah mencapai 60 persen. Pihaknya meyakini pemesanan akan terus meningkat hingga sepekan jelang libur tahun baru.

Menurut Mardjana, adanya akses jalan tol baru di Bali mempengaruhi kenaikan wisatawan domestik untuk datang ke Bali. Banyak wisatawan domestik seperti dari Jakarta, Semarang yang berencana datang berlibur ke Bali membawa kendaraan pribadi.

Di sisi lain, Mardjana merasakan jelang libur Nataru ini terjadi penurunan signifikan kunjungan wisatawan mancanegara, khususnya dari Australia. Ini menurutnya terjadi karena imbas disahkannya rancangan kitab undang-undang hukum pidana (RKUHP) yang baru, belum lama ini. “KUHP baru ini signifikan pengaruhnya terutama turis Australi. Biasanya akhir tahun seperti sekarang sudah luar biasa ramai yang ke Bali,” kata Mardjana.

Baca juga:  Badung Utamakan Adat-Budaya, Klungkung untuk Infrastruktur

Selain hunian hotel, Mardjana meyakini destinasi wisata di Kintamani juga akan ramai dipadati wisatawan saat akhir tahun. Untuk memberikan rasa nyaman kepada wisatawan, pria asal Batur itu berharap pemerintah dan kepolisian agar memperhatikan lalu lintas di Kintamani.

Jangan sampai terjadi kemacetan. Apalagi saat ini masih ada proyek penataan pedestraian. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN