Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, di Kantor Presiden, jakarta, Senin (19/12). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo merilis perkembangan bom bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat. Total sebanyak 24 orang telah diamankan dari berbagai daerah terkait penanganan kasus ini.

“Pascaperistiwa bom yang terjadi di Astanaanyar, sampai saat ini kami sudah melakukan kegiatan pengamanan dan pengembangan. Enam orang kami amankan dari wilayah Jawa Barat, tujuh orang dari wilayah Jawa Tengah, dan 11 orang dari wilayah Sumatera Utara,” kata Listyo Sigit, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (19/12) dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Berpotensi Tarik Wisatawan, Taman Siwa Perlu Ditata

Listyo mengatakan polisi terus melakukan pengamanan dan pengembangan dari kasus teror bom bunuh diri yang menewaskan satu personel polisi tersebut.

Terkait penjagaan keamanan menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, Listyo mengatakan Polri terus melakukan pemantauan secara maksimal. Dia juga telah memerintahkan Densus 88 Antiteror Polri untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Khususnya Densus, untuk terus meningkatkan kewaspadaan, bekerja sama juga dengan ormas-ormas yang ada, kemudian mantan-mantan napiter (narapidana terorisme) untuk memberikan sosialisasi. Tentunya seluruh pergerakan kami lakukan pemantauan secara maksimal,” kata dia.

Baca juga:  Putra Bali Jabat Aspers KSAU

Polisi akan melakukan sterilisasi untuk keamanan di tempat-tempat ibadah.

“Kemudian pada saat masuknya di gereja-gereja tertentu atau tempat-tempat ibadah tertentu, kami siapkan security door, X-ray, sehingga ini juga bisa mengurangi risiko yang ada, dan tentunya kita juga akan mengerahkan apa yang kita miliki. K-9 dan sebagainya,” kata dia.

Polri juga akan meningkatkan koordinasi dengan Badan Intelijen Negara (BIN) dan Bais TNI untuk memastikan keamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2023. (kmb/balipost)

Baca juga:  KPK Berhasil Amankan Uang dari OTT Bupati Pamalang

 

BAGIKAN