Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan sosialisasi terakhir terhadap rencana pasar tematik wisatawan, Rabu (7/12). (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Lantai I Pasar Umum Semarapura akan dibangun Pasar Rakyat Tematik Wisata. Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta melakukan sosialisasi terakhir terhadap rencana ini, Rabu (7/12). Dalam Sosialisasi tersebut, disepakati bahwa tidak ada pengurangan luas kios maupun penambahan pedagang di Blok B dan Blok E.

Pembangunan Pasar Rakyat Tematik Wisata akan dibangun  di blok B dan E pada Pasar Umum Semarapura. Melalui pembangunan Pasar Rakyat Tematik Wisata, pedagang yang berada blok B dan E akan menjadi aman dan nyaman, sama seperti pedagang yang berada di Blok A. Maka Bupati Suwirta meminta para pedagang bersabar, karena untuk sementara para pedagang akan berjualan di TPS yang sudah disediakan.

Baca juga:  Retribusi Masuk KSPN Nusa Penida Rawan Bocor

“Apa yang kita gagas ini, untuk memberikan kenyamanan bagi pedagang dan pembeli. Mari awasi bersama proses pembangunannya,” ujar Bupati Suwirta, saat menjelaskan perihal sosialisasi itu, Kamis (8/12), didampingi Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Klungkung Luh Ketut Citrawati, Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Klungkung I Wayan Ardiasa.

Bupati Suwirta juga ingin pedagang nantinya dapat berinovasi dengan barang jualannya, seperti menyediakan dress dari bahan endek dan bentuk atau jenis inovasi lainnya. Bupati Suwirta menugaskan kepada Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Pemkab Klungkung untuk mempersiapkan keamanan bagi pedagang selama nanti menempati TPS.

Baca juga:  Proyek Pasar Semarapura Dikhawatirkan Tak Tuntas Tepat Waktu

Dalam Sosialisasi tersebut, para pedagang Blok B dan E juga akan dibuatkan semacam surat pernyataan untuk mempermudahkan pedagang saat kembali berjualan ke blok B dan E di Pasar Semarapura, dengan ukuran satu kios 3,6 m x 3,6 m. Kepala UPT Pasar Semarapura, I Komang Sugianta, menambahkan, selama proses pembangunan pasar, para pedagang los dan kios mulai menempati TPS setelah hari raya Kuningan pada bulan Januari 2023.

Adapun TPS untuk Los bertempat di dalam areal Pasar Umum Semarapura, yakni jalan diantara Blok A dan F, Jalan di timur blok C, jalan antara Blok C dan D dan jalan Timur Dan Selasar Utara Pasar Rakyat, sedangkan untuk TPS Kios bertempat di areal terminal Umum Semarapura. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Sepuluh Ribu Warga di Klungkung Terindikasi Belum Perekaman e-KTP
BAGIKAN