Presiden Joko Widodo menyerahkan dana bantuan tahap pertama ke korban gempa Cianjur. (BP/Antara)

CIANJUR, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo menyerahkan dana bantuan tahap pertama ke korban gempa Cianjur. Saat penyerahan, ia pun berpesan agar warga penerima bantuan gempa benar-benar menggunakan uang bantuan untuk membangun rumah kembali sehingga mereka tidak lagi tinggal di dalam tenda atau posko pengungsian.

Jadi, dana yang diberikan pemerintah bukan untuk membeli keperluan lain termasuk kendaraan. “Saya meminta yang sudah menerima langsung bangun kembali rumahnya, jangan sampai beli sepeda motor dari uang bantuan. Saya sudah tambah jumlahnya karena di Kementerian Keuangan masih ada dananya, jadi segera bangunkan rumah,” kata Presiden dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (8/12).

Baca juga:  Antisipasi Libur Nataru, Presiden Sampaikan 6 Arahan Ini

Presiden berharap warga yang sudah mendapat bantuan tahap pertama, langsung membersihkan puing rumah agar dapat dibangun kembali dan bisa memanfaatkan material bangunan yang masih bisa dipakai guna meringankan beban pengeluaran, pembangunan dapat dilakukan secara gotong royong.

Pemberian bantuan tersebut, ujar orang nomor satu di Indonesia itu, sengaja diberikan secara bertahap untuk menghindari kejadian yang sama di beberapa wilayah yang mengalami gempa karena uang-nya dipakai untuk membeli kendaraan bukan membangun rumah.

Baca juga:  Ny. Putri Suastini Koster Gelar Pasar Rakyat di Kabupaten Buleleng

“Saya tegaskan segera bersihkan rumah dari puing bangunan yang ambruk dan segera bangun rumah kembali. Jangan sampai beli sepeda motor nanti tidak punya rumah,” katanya.

Besaran batuan untuk korban gempa Cianjur, sudah dinaikkan yang semula rumah rusak berat Rp50 juta menjadi Rp Rp60 juta, rusak sedang Rp25 juta menjadi Rp30 juta dan rusak ringan Rp10 juta menjadi Rp15 juta, bantuan tersebut benar-benar digunakan untuk pembangunan kembali rumah yang rusak.

Baca juga:  Jokowi Ungkap Alasan Pencabutan Bebas Visa Kunjungan

“Titipan saya agar pembangunan segera dilakukan dan cepat selesai, sehingga warga tidak perlu lagi tinggal di posko pengungsian seperti sekarang,” kata Jokowi. (kmb/balipost)

BAGIKAN