Bupati I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri perayaan HUT ke-55 Sekaa Teruna (ST) Bruma, Banjar Uma Kapal Kecamatan Mengwi, Minggu (4/12). (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri perayaan HUT ke-55 Sekaa Teruna (ST) Bruma, Banjar Uma Kapal Kecamatan Mengwi, Minggu (4/12) malam. Turut hadir pada kesempatan tersebut anggota DPRD Provinsi Bali I Bagus Alit Sucipta Anggota DPRD Badung Made Suardana, Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Tripika Kecamatan serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta mengajak sekaa teruna untuk selalu solid dan mengikuti perkembangan untuk bagaimana berupaya dengan baik untuk bisa mengikuti teknologi informasi, untuk mendukung hal ini, Bupati Giri Prasta sejak terpilih menjadi Bupati, pihaknya berkomitmen memasang jaringan fiber optik secara menyeluruh di Kabupaten Badung, dari ujung selatan Desa Pecatu hingga Desa Belok Sidan dengan panjang 165 km. “Mulai sejak itu, dari balai banjar, wantilan, sekolah, puskesmas serta tempat-tempat umum sudah bisa diberikan wifi gratis dan sejak itu anak-anak sudah tidak lagi mencari internet ke warnet-warnet, jika kemarin tidak ada covid-19, saya memastikan wifi gratis sudah masuk ke setiap KK yang ada di Kabupaten Badung,” ujarnya.

Baca juga:  DLHK Badung Beli Dua Alat Berat Rp 4 Miliar

Bupati Giri Prasta juga mengajak para sekaa teruna untuk melakukan akselerasi, UMKM harus digerakkan dan Pemerintah Kabupaten Badung sangat mendukung kebutuhan sekaa teruna. “Jika ada sekaa teruna membutuhkan alat musik, kostum, seragam dan sebagainya, apapun kebutuhan sekaa teruna di banjar, Bupati akan merealisasikannya untuk digunakan di banjar ini. Termasuk juga UMKM, silahkan kalau ada kebutuhan penguatan modal, Pemkab Badung akan ada program mulai tahun 2023 dijalankan untuk UMKM, jangan sampai nanti UMKM ini mengambil pinjaman modal di bank atau lainnya,” jelasnya.

Baca juga:  Sejumlah Sekolah di Badung Terapkan Full Day School

Lebih lanjut Bupati Giri Prasta mengatakan bahwa sekaa teruna sebagai generasi penerus bangsa dan agen perubahan memiliki peran yang penting dalam proses pembangunan di setiap wilayah, selain itu sekaa teruna juga disebut berperan dalam menyelesaikan tantangan dan persoalan dalam bidang sosial dan lingkungan, khususnya di era digital saat ini. “Kalian sekaa teruna Bruma Br. Uma Kapal tidak boleh mabuk-mabukan, mengganggu ketertiban umum, kalian juga jangan sampai terkena narkoba atau narkotika. Dalam kesempatan yang baik ini saya juga menyampaikan Dirgahayu lansia Werdhi Uma Kanthi yang Ke-5 dan Dirgahayu ST Bruma Br. Uma Kapal yang ke-55, semoga melalui perayaan ini menjadi lebih kompak, kuat dan jaya selalu,” imbuhnya.

Baca juga:  Karena Ini, PSK Asing Ditangkap

Pada kesempatan tersebut sebagai bentuk perhatian dan motivasi, Bupati Giri Prasta menyerahkan bantuan sebesar Rp25 juta untuk Sekaa Teruna dan lansia secara pribadi sebesar Rp10 juta.

Sementara itu Ketua ST Bruma I Putu Gede Ari Wirawan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta beserta undangan lainnya yang telah hadir dalam perayaan HUT ke-55 ST Bruma, Banjar Uma Kapal. Dikatakan bahwa perayaan Hut ini dalam rangka meningkatkan rasa kekerabatan dan kekeluargaan antar organisasi serta meningkatkan rasa persatuan sebagai suatu bentuk kerja sama bahwa pada kenyataan ketika bersatu akan kuat dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang ditemui dalam berorganisasi. Diharapkan melalui kegiatan ini mampu menjalin kerjasama serta menguatkan tali persaudaraan antar generasi muda saat ini. (Adv/balipost)

BAGIKAN