Pemotor melewati Jalan Batuyang Kangin, Batubulan, Gianyar saat banjir di kawasan itu, Sabtu (26/11). (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Hujan deras yang mengguyur Gianyar, Sabtu (26/11), menyebabkan Jalan Batuyang Kangin, Batubulan, Sukawati kebanjiran. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta seizin Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gianyar mengatakan daerah itu memang langganan banjir.

Penyebanya, menurut Dibya, masalah sampah. Kondisi ini sudah beberapa kali mendapatkan penanganan BPBD Gianyar.

Diungkapkannya, dalam beberapa kali penanganan di sekitar jalan tersebut, sampah memenuhi got. Bahkan petugas BPBD sempat mendapat kasur, bantal dan kloset.

Baca juga:  Dibersihkan, Rumah Rusak di Berawantangi Akibat Angin Kencang

Ia menjelaskan, petugas BPBD sudah menyampaikan permasalahan sampah ini ke Camat Sukawati dan Dinas PUPR. “Jika got perlu diperlebar atau diperdalam ini merupakan ranah Dinas PUPR,” katanya.

Dipaparkannya, akar permasalahannya adalah perilaku buruk masyarakat membuang sampah sembarangan, termasuk ke got. “Kalau masalah banjir rutin ini tidak boleh sepenuhnya selalu diserahkan ke BPBD,” jelasnya.

Dibya mengatakan saat curah hujan tinggi, air di Jalan Batuyang Kangin akan naik meluber ke jalan. “Saat hujan berhenti banjir tersebut akan surut, banjir langganan masih karena masalah got penuh dengan sampah,” tegasnya. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Jineng Agung Dihantam Ombak Besar, Air Laut Masuk ke Halaman Rumah Warga
BAGIKAN