Truk kurang hati-hati saat melintas hingga terbalik di Gitgit. (BP/Istimewa)

SINGARAJA, BALIPOST.com – Ruas jalan nasional Singaraja – Bedugul, Km 14 Desa Gitgit, Kecamatan Sukasada mengalami kemacetan, Rabu (16/11). Ini menyusul, sebuah truk DK 8564 HB mengalami lakalantas.

Diduga, lakalantas ini disebabkan karena pengemudi truk kurang hati-hati saat melintas di lokasi kejadian.
Kapolsek Sukasada, Kompol Made Agus Dwi Wirawan, seizin Kapolres Buleleng AKBP Made Dhanuardana mengatakan, sebelum kehadian, turk dikemudikan Made Budyasa (43). Truk berangkat dari Buleleng akan menuju Denpasar.

Baca juga:  Izin Kedaluwarsa dan Tunggakan Pajak Rp 10 M, Pembekuan Operasional Sky Garden Masih Berlaku

Di lokasi kejadian dengan kuntur jalan menanjak dan tikungan, truk tak bisa dikendalikan dan oleng. Pengemudi panik, kemudian berusaha mengatasi situasi.

Namun sayang hal itu gagal. Akhirnya, badan truk miring dan akhirnya terbalik di pinggir jalan. Akibatnya, barang muatan yang diangkut truk terlempar hingga,keluar dari dalam bak truk.

Beruntung, pengemudi selamat dan tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. “Saat melintas di TKP truk ini oleng dan miring hingga terbalik dan barang terlepmar keluar bak karena benturan. Sopir bisa, keluar dari posisi,kemudi dan yang bersangkutan dalam keadaan selamat,” katanya.

Baca juga:  Desa Adat Yeh Anakan Berdayakan Para Yowana

Terkait, penyebab lakalantas, Kapolsek Kompol Dwi menyebut, sesuai hasil pemwriksaan di lokasi kejadian dan keterangan saksi, lakalantas ini murni karena Out of Control (OC). Pengemudi sendiri diduga kurang hati-hati saat berkendara, sehingga tidak bisa mengemudi dengan konsentrasi penuh.

Apalagi truk yang dikemudikan sarat dengan muatan, seharusnya pengemudi hati-hati saat berkendara. “Kesimpulan penyebab laka OC dan ada dugaan kurang awas oleh pengemudi karena, jalan menanjak dan truk sarat muatan, membutuhkan konsentrasi tinggi saat berkendara,” jelasnya.

Baca juga:  Masyarakat Diminta Tak Sembarangan Viralkan Tindakan Nakal Wisman, Kapolda Ungkap Alasannya

Akibat kejadian, ini arus kendaraan dari dua arah sempat terjadi macet. Beruntung, situasI ini cepat busa diatasi setelah personel Unit Lalu Lintas (Lantas) berhasil mengurai kemacetan. Sementara, badan truk telah ditarik dari lokasi kejadian, sehingga tidak menganggu arus lalu lintas. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN