Suasana Muskornas I Puskor Hindunesia yang berlangsung dari 11 hingga 13 November. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Puskor Hindunesia (Pusat Koordinasi Hindu Indonesia) merupakan organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang sosial, budaya, lingkungan, keagamaan. Organisasi ini didirikan secara de yure di Denpasar pada tahun 2015.

Keberadaan Puskor ini mendapat apresiasi dari Menteri Agama RI, Cholil Yaqut Qoumas yang diwakili Dirjen Bimas Hindu Prof. Dr. Drs. I Nengah Duija, M.Sc. Dalam sambutan, Menag menyambut baik pelaksanaan Mukornas I ini.

Ia memberikan apresiasi kepada gerakan-gerakan positif Puskor Hindunesia yang juga menghormati keberagaman agama. Hadir juga pada pembukaan Mukornas I itu Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesra Gede Indra Dewa Putra yang mewakili Gubernur Bali.

Baca juga:  PKH Kekurangan Tenaga Pendamping

Pada sesi moderasi agama, disampaikan materi oleh tokoh lintas agama, yaitu tokoh umat Islam, Hindu, Kristen, Katolik, Budha, dan Konghucu. Pada kesempatan tersebut, Ida Pedanda Mandara Putra Kekeran juga menyampaikan Dharma Wacana.

Mukornas (Musyawarah Koordinasi Nasional) merupakan pemegang kekuasaan tertinggi Puskor Hindunesia yang pertama kali diadakan 11-13 November 2022 di Dalung, Badung. Puskor Hindunesia sudah memiliki 24 Dewan Koordinator Wilayah (Dekorwil) yang tersebar wilayah di Indonesia dengan total anggota terdaftar 18.000-an lebih.

Baca juga:  Badung Memperingati Hari Kopi Sedunia

Ketua Panitia Pelaksana Mukornas I Wayan Muliana, menyampaikan pada pembukaan Mukornas I Puskor Hindunesia dilaksanakan secara hibrid dan diikuti secara luring oleh Dewan Penasehat, Dewan Koordinasi Nasional (Dekornas) dan Dekorwil Bali, Jabar, Jateng, NTB, dan NTT. “Sisanya mengikuti secara daring melalui Zoom Meeting,” ujar Muliana, dikutip dari rilisnya, Minggu (13/11).

Setelah melalui proses yang cukup alot namun demokratis, akhirnya Ida Bagus K. Susena terpilih kembali memimpin Puskor Hindunesia untuk periode 2022-2027.

Baca juga:  GoFood Boyong Belasan Mitra Kuliner Top Bali Hadir di Future SMEs Village

“Terima kasih yang tinggi atas kepercayaan para peserta Mukornas dan para relawan dharma Puskor Hindunesia seluruh Indonesia untuk memilih saya secara aklamasi dengan penuh ketulusan dan rasa memiliki organisasi swadaya tersebut secara penuh,” ujar pria yang akrab disapa Gus Sena ini.

BAGIKAN