Festival Polandia 2022 di Grand Lucky Sanur, Denpasar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Poland Festival 2022 (#PF2022) untuk merayakan budaya Polandia kembali digelar. Kegiatan yang berlangsung dari 17 Oktober hingga 6 November 2022 ini upaya memperkenalkan budaya dan produk Polandia.

Dalam festival yang merupakan kerja sama Badan Investasi dan Perdagangan Polandia (Polish Investment and Trade Agency) melalui Kantor Perdagangan Luar Negerinya di Jakarta dengan Kedutaan Besar Polandia di Jakarta, Polish Business Club, dan Organisasi Pariwisata Polandia, ini diikuti beberapa pelaku industri FMCGs (fast-moving consumer goods). Poland Festival 2022 berlangsung di empat kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.

Dikutip dari rilisnya, pada Sabtu (29/10), Kepala Badan Investasi dan Perdagangan Polandia di Jakarta, Jacek Kolomyjec bersama Ambassador Polandia untuk Indonesia  di Jakarta, Beata Stoczyńska, membuka Festival Polandia 2022 di Grand Lucky Sanur, Denpasar. “Polandia adalah salah satu negara terbesar di Eropa Tengah, dan kami memiliki banyak hal untuk ditawarkan dalam berbagai aspek, termasuk kepada Indonesia, sebagai salah satu pemimpin di Asia Tenggara. Ada potensi besar di sana dalam perdagangan dan investasi,” kata Jacek Kolomyjec.

Baca juga:  Gunakan Ini, Cegah Nyamuk Bertelur Sembarangan

Jacek menambahkan tujuan festival ini untuk memperkuat kerja sama antara dua negara, yaitu; Polandia dan Indonesia. Diharapkan konsumen Indonesia mengenal produk polandia yang berkualitas tinggi, membuka peluang bisnis kepada importir, distributor, dan retailer Indonesia serta mempromosikan negara Indonesia sebagai tujuan bisnis dan investasi.

Menurut Beata Stoczynska, Duta Besar Polandia untuk Indonesia, festival ini sudah tiga kali digelar. Sebelumnya diadakan pada 2019 dan 2021.

Baca juga:  Musim Hujan, Pemotongan Pohon Perindang Meningkat

Beata menambahkan, Bali terpilih menjadi kota keempat terselenggaranya Poland Festival 2022, karena memiliki destinasi wisata yang sangat luar biasa dan mudah untuk mempromosikan produk dari Polandia. Poland Festival juga menampilkan tiga pameran, yakni batik, desain, dan fotografi.

Festival ini menampilkan 18 merek FMCG dari Polandia, yang meliputi makanan, minuman, beserta produk kosmetik yang akan dipamerkan dan dapat dibeli di 10 supermarket yang berpartisipasi di Indonesia, termasuk supermarket Grand Lucky dan Hokky. Selain itu, festival ini juga akan menampilkan perkembangan terkini dari perusahaan industri teknologi dan kereta yang berfokus pada energi hijau dan hidrogen.

Baca juga:  Evakuasi WN Polandia Gelombang Kedua, 262 Orang Tinggalkan Bali

Pada Poland Festival 2021 tahun lalu, sistem penangkapan gerak (sensor) di supermarket Grand Lucky dan Hokky mencatat ada 168.000 pengunjung. Berdasarkan data penjualan yang disediakan oleh toko dan importir yang ikut serta, penjualan mencatat pertumbuhan antara 70 persen hingga 400 persen hanya dalam 2 minggu saat festival digelar. (kmb/balipost)

BAGIKAN