Ilustrasi mitra GoFood menyerahkan pesanan pelanggan ke driver Gojek. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Komunitas Partner GoFood (Kompag) berperan dalam mendukung UMKM kuliner makin melek digital dan naik kelas. Sebab, sejak 3 tahun pembentukannya, komunitas ini mampu menjadi wadah edukasi dan bertukar pengalaman bagi anggotanya.

Group Head of Merchant Marketing Gojek dan GoTo Financial, Bayu Ramadhan mengatakan Kompag didirikan pada Oktober 2019 dan menjadi komunitas pertama yang menyediakan serangkaian program edukasi, pelatihan dan kesempatan berjejaring bagi pelaku UMKM kuliner di industri online food delivery Indonesia. Berawal dari 25 ribu anggota, Kompag terus berkembang dari tahun ke tahun hingga kini beranggotakan lebih dari 180 ribu UMKM kuliner dari 75 kota di Indonesia.

Menggunakan channel Facebook, Whatsapp, dan Telegram, Kompag menjadi wadah para pelaku UMKM kuliner untuk saling berbagi dan menambah ilmu, berkolaborasi serta berjejaring secara inklusif. Ia menjelaskan setelah go digital, pelaku UMKM kuliner perlu meningkatkan kapabilitas khususnya dalam memperluas pasar di ranah digital.

Untuk terus tumbuh, selain dukungan dari sisi inovasi teknologi, mereka pun membutuhkan wadah komunitas yang memberikan akses ke edukasi dan pendampingan rutin. “Tidak hanya itu, mereka pun membutuhkan kesempatan berjejaring agar dapat saling belajar dari sesama pengusaha kuliner,” ujarnya.

Baca juga:  Jadi Booster Pemulihan Ekonomi, BRI Fokus Berdayakan Sektor UMKM dan UMi

GoFood kini memiliki lebih dari 1,4 juta mitra usaha, di mana 99%-nya merupakan UMKM kuliner. Melalui hadirnya Kompag, GoFood berkomitmen untuk membantu pelaku UMKM kuliner dari segala tingkatan bisnis untuk naik kelas hingga mampu terus bersaing di tengah ketatnya persaingan.

Lathiful Amri, Pemilik Usaha Pancong Ruang Rasa dan Perwakilan Mitra Usaha GoFood turut menjelaskan dampak positif Kompag, “Rangkaian edukasi dan pelatihan rutin di Kompag membantu saya menemukan solusi tepat dalam mengoptimalkan performa bisnis secara online di tengah kondisi yang tak menentu. Berkat Kompag dan GoFood, saya mampu meningkatkan penjualan Pancong Ruang Rasa sebesar 20% pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.”

Lebih lanjut, Amri mengatakan rasa solidaritas yang tinggi mendorongnya untuk ikut berperan aktif dalam berbagi ilmu kepada sesama pejuang bisnis kuliner lainnya. “Melalui peran saya sebagai Ketua Kompag di Depok, saya berhasil menerima penghargaan sebagai Ketua ter-Kompag pada 2021 dan 2022. Mewakili pelaku UMKM kuliner lainnya, saya harap wadah seperti Kompag dapat terus hadir untuk mendukung kami dalam mengembangkan bisnis kuliner.”

Baca juga:  Gojek Apresiasi Program Percepatan Pemberian NIB UMK

Dalam upaya membangkitkan semangat dan optimisme mitra UMKM kuliner, GoFood menyelenggarakan 3 Tahun Semarak Kompag sebagai ajang perayaan hari jadi Kompag dan mengapresiasi pencapaian positif mitra UMKM GoFood pada 14 Oktober. Di acara ini, GoFood juga memberikan penghargaan kepada 9 mitra UMKM dan 1 grup kota ter-Kompag yang terus berbagi ilmu dan menginspirasi mitra UMKM lainnya di sepanjang 2022.

Untuk membantu lebih banyak lagi mitra UMKM naik kelas, GoFood akan terus melanjutkan kesuksesan Kompag dengan berfokus pada dua hal di 2023. Pertama, memperkuat mentorship dan perkembangan skala bisnis mitra UMKM di 75 kota melalui edukasi dan pelatihan secara daring maupun luring. Kedua, melakukan ekspansi Kompag ke kota-kota baru untuk membantu mitra UMKM kuliner saling terhubung.

Baca juga:  BPR Lestari Bagikan 500 Paket Sembako ke Pejuang Kebersihan

Selain menyediakan ragam edukasi dan pelatihan di Kompag, GoFood juga terus berupaya menghubungkan mitra UMKM kuliner dengan basis pelanggan GoFood yang loyal dan berkualitas. Mulai dari fitur UMKM GoFoodieland tile yang mendorong eksposur resto UMKM kuliner ke pelanggan terdekat, fitur Mode Hemat yang dapat memungkinkan pelanggan di kota Bandung dan Medan untuk mendapatkan gratis ongkir dari UMKM terdekat, hingga berkolaborasi bersama BTS untuk menarik lebih banyak pelanggan. Kehadiran GoFood di Tokopedia juga membantu UMKM kuliner memperoleh eksposur dan dipesan oleh pelanggan Tokopedia.

“Seluruh ragam inisiatif baik dari solusi teknologi maupun non-teknologi yang kami berikan bertujuan untuk menciptakan mitra UMKM kuliner yang berkualitas dan mampu tumbuh secara berkelanjutan. Kami juga mengundang para mitra GoFood di seluruh Indonesia untuk dapat bergabung dengan Kompag dan naik kelas bersama-sama,” tutup Bayu. (kmb/balipost)

BAGIKAN