Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo. (BP/iah)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kepolisian RI siap mengerahkan segala daya dan upaya untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap institusi kepolisian. Demikian disampaikan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10).

Kapolri bersama lebih dari 500 personel Polri berada di Istana Negara mengikuti pengarahan Presiden RI Joko Widodo kepada perwira tinggi Mabes Polri, kapolda, dan kapolres se-Indonesia. Dalam laporannya kepada Presiden, Kapolri mengakui bahwa belakangan ini tingkat kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian mengalami penurunan.

Baca juga:  Banyak Salah Kaprah, Siwaratri Bukan Hari Penghapusan Dosa

“Hal ini terjadi akibat kejadian-kejadian menonjol yang berdampak negatif dan menjadi perhatian publik,” kata Sigit dikutip dari Kantor Berita Antara.

Oleh karena itu, Kapolri menegaskan bahwa jajarannya terus secara maksimal menunaikan tugas investigasi dengan mengerahkan segala kemampuan agar kejadian-kejadian tersebut dapat terungkap dan dituntaskan sesuai dengan arahan Presiden Jokowi.

Menurut Kapolri, hal itu sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban Polri kepada masyarakat agar bisa menumbuhkan harapan masyarakat terhadap penegakan hukum yang berkeadilan.

Baca juga:  Warga Inggris Penampar Petugas Imigrasi Dituntut Setahun Penjara

“Kami siap mengerahkan segala daya upaya agar dapat mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri, menjaga amanah Polri dalam melakukan program transformasi hukum Polri yang presisi untuk melaksanakan tugas pokok Polri menjaga keamanan, kehidupan masyarakat, melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, dan menegakkan hukum,” kata Sigit.

Kapolri menegaskan bahwa institusinya secara berkesinambungan melakukan evaluasi dan pembenahan internal yang merupakan bagian dari reformasi keseluruhan, reformasi instrumental, dan terutama reformasi struktural Polri.

Baca juga:  Ada Guna Museum Rayakan HUT ke-15, Menginspirasi Ketahanan Ekonomi Warga Pakudui

“Dengan semangat yang pernah dinyatakan Presiden bahwa polisi bukan sekadar profesi, tapi sebuah jalan untuk mengabdi,” ujar Sigit.

Selain pejabat Polri, pengarahan Presiden turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD serta jajaran Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *