Penumpang maskapai penerbangan Eva air dihibur tarian bali di Bandara Bali. (BP/Antara)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali kembali mendapatkan tambahan rute penerbangan internasional. Rutenya adalah Taipei-Denpasar-Taipei yang dioperasikan maskapai Eva Air.

Menurut General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali Handy Heryudhitiawan, Senin (3/10) dikutip dari Kantor Berita Antara, Bandara telah melayani sebanyak 25 maskapai dengan 22 rute khusus internasional, termasuk rute perdana Eva Air. Penerbangan perdana maskapai Eva Air tersebut mengangkut 212 orang penumpang dari Taipei menuju Denpasar menggunakan pesawat Air Bus A330-302.

Baca juga:  Digagalkan! Penyelundupan 44 Kilo Ganja di Terminal Mengwi

Pesawat ini kembali menuju Taipei dengan pesawat yang sama dengan membawa 91 orang penumpang. Penerbangan pesawat Eva Air itu disambut pengelola Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan sambutan water salute dan pembagian suvenir. Selain itu, penumpang yang akan berangkat ke Taipei dihibur dengan tarian khas Bali.

Handy Heryudhitiawan menjelaskan, sebelumnya maskapai Eva Air sempat beroperasi sebelum pandemi COVID-19 tepatnya pada 2019 dan menghentikan operasionalnya selama pandemi. Dengan dibukanya penerbangan tersebut, menjadikan Eva Air sebagai maskapai kedua yang melayani penerbangan langsung dari dan ke Taipei.

Baca juga:  Gerak-geriknya Mencurigakan, Empat Orang Diamankan

Keberadaan rute ini diharapkan dapat menjadi salah satu pemicu untuk peningkatan beragam pilihan rute maupun maskapai khususnya pada penerbangan Internasional. “Saat ini lalu lintas penerbangan internasional terus menunjukkan peningkatan yang signifikan, sehingga statistik lalu lintas angkutan udara turut ikut bertambah di bulan Oktober 2022,” kata dia.

Ia menambahkan, maskapai Eva Air akan melayani tiga kali penerbangan dalam seminggu atau pada Rabu, Jumat, dan Minggu yang artinya maskapai tersebut terbang secara reguler dengan rute Taipei.

Baca juga:  Ditepis, Anggapan Gubernur Tak Tegas Biarkan Pintu Masuk Bali Masih Terbuka di Tengah Pandemi COVID-19

Sebelumnya, rute penerbangan yang menghubungkan Bali dengan Taipei juga telah dilayani oleh maskapai China Airlines yang sesuai jadwalnya terbang setiap Selasa dan Jumat. Sebagai strategi maskapai Eva Air akan terbang setiap hari pada bulan November 2022 yang yang berpotensi mengangkat pertumbuhan sektor aviasi beserta sektor-sektor turunan lainnya di Pulau Dewata. (kmb/balipost)

BAGIKAN