Jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra saat akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta, Selasa (20/9). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar memimpin shalat jenazah Prof. Azyumardi Azra di auditorium Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah, Selasa (20/9). Jenazah Ketua Dewan Pers ini kemudian dibawa ke TMP Kalibata, Jakarta.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, sebelum prosesi pemakaman, dilakukan upacara penembakan salvo oleh personel TNI sebagai tanda penghormatan. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi hingga sejumlah pimpinan MUI turut menghadiri prosesi pemakaman.

Baca juga:  KPK Geledah Kantor Bupati Pemalang

Mereka tiba sekitar pukul 08.00 WIB yang disusul dengan kedatangan rombongan mobil jenazah. Azyumardi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Jenazah Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof Azyumardi Azra tiba di rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan pada Senin (19/9) malam.

Baca juga:  Azyumardi Azra Jadi Ketua Dewan Pers

Mobil ambulans yang membawa almarhum Azyumardi tiba di rumah duka sekitar pukul 23.55 WIB.

Sebelumnya, jenazah Azyumardi tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 22.40 WIB setelah diberangkatkan dari Malaysia pada pukul 20.45 waktu setempat melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia. (kmb/balipost)

BAGIKAN