Wapres Ma'ruf Amin didampingi Gubernur Bali, Wayan Koster saat mengunjungi Pameran IKM Bali Bangkit di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya Bali, Selasa (30/8). (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), K.H. Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat memberikan apresiasi kepada Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Ketua Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster. Sebab, telah memfasilitasi para seniman dan perajin secara gratis untuk memamerkan karyanya di Pameran IKM Bali Bangkit.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung saat Wapres Ma’ruf Amin beserta Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin meninjau Pameran IKM Bali Bangkit Tahap 7 Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dekranasda Provinsi Bali di Taman Budaya, Denpasar usai meninjau kesiapan lokasi (venue) yang akan menjadi tempat penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Bali, Selasa (30/8).

Baca juga:  Beraksi dari 2002, Komplotan Gendam Lintas Provinsi Diringkus

Dalam keterangan persnya, Wapres Ma’ruf Amin yang didampingi Gubernur Koster menyatakan bahwa lokasi pameran yang dulunya disewakan, saat ini dapat digunakan secara gratis oleh para pelaku usaha kecil dan menengah. Sehingga, para perajin dan seniman dapat memamerkan karya-karyanya secara leluasa di tempat ini. “Jadi dengan adanya IKM Bali Bangkit, yang dulunya tempat ini disewakan, kini diubah kebijakannya menjadi tidak ada penyewaan atau gratis, sehingga tempatnya menjadi semacam training house( rumah pelatihan, red),” terang Wapres RI.

Baca juga:  Wakili BNN, Gubernur Koster Serahkan Penghargaan ke Desa Pemogan

Ia menceritakan berbagai produk kerajinan yang telah dilihatnya sangat bagus seperti tas kulit, kain tenun endek dengan berbagai corak dan motif serta kerajinan kaca yang diproses jadi lampu hias serta berbagai meja kursi. Kata Wapres, Pameran IKM Bali Bangkit yang dibimbing oleh Istri Gubernur Bali, Wayan Koster ini adalah suatu perubahan besar yang telah dilakukan “Saya lihat banyak motif-motif yang unik-unik, ternyata setelah dilihat kreativitasnya, inovasinya sangat cepat bertumbuh dan melahirkan berbagai kreasi. Jadi Saya pikir, ini menjadi contoh di daerah atau model di daerah,” tandasnya.

Baca juga:  Penghuninya Tidur, Empat Bedeng Dilalap Si Jago Merah

Menurut Wapres, Pameran IKM Bali Bangkit menjadi model untuk menjadi contoh membangun industri kecil menengah, dan sebelumnya di masa pandemi Covid-19 pameran ini justru menciptakan pasar pendapatan yang meningkat karena penjualannya menggunakan konsep ekonomi digital.

Menutup peninjauannya, tidak lupa Wapres pun menyempatkan untuk berbelanja berbagai produk kerajinan yang dipamerkan di Pameran IKM Bali Bangkit. “Macam-macam saya beli, ya belanja kain, cincin, Ibu juga belanja. Ibu juga Ketua Umum Dekranas jadi beliau sangat antusias melihat baju-baju itu,” pungkas Wapres yang didampingi Gubernur Bali asal Desa Sembiran Buleleng ini. (kmb/balipost)

BAGIKAN