Memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, GoFood menghadirkan kampanye bertajuk #RekomendAsik +62. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, GoFood menghadirkan kampanye bertajuk #RekomendAsik +62. Kampanye ini merupakan upaya GoFood memberikan kesempatan bagi pelanggan merayakan keberagaman Indonesia dengan beragam cita rasa kuliner nusantara yang kaya.

#RekomendAsik+62, disebut Global Head of Marketing GoFood Ichmeralda Rahman, Kamis (18/8) sebagai kesempatan bagi pecinta kuliner untuk mencicipi makanan khas daerah. “Kami mendorong inovasi baru menggunakan teknologi rekomendasi berbasis pencarian. Dengan teknologi ini konsumen bisa mencari makanan sesuai kategori makanan yang mereka inginkan. Teknologi ini kita gabungkan dengan pendekatan hyperlocal dan personalisasi data sehingga konsumen benar-benar bisa mengeksplor menu di GoFood yang saat ini ada lebih dari 41 juta menu. Inovasi ini kita balut dalam satu kampanye bernama #RekomendAsik +62,” katanya dalam keterangan virtual dipantau dari Denpasar.

Ia menjelaskan ketika seorang pengguna GoFood melakukan pencarian menu seperti “geprek”, nantinya tidak hanya menu ayam geprek yang ditawarkan. Namun juga menu-menu lain yang diolah dengan metode tersebut seperti jamur geprek, terong geprek, atau mie geprek.

Baca juga:  Tambah Landai, Kasus Baru COVID-19 Nasional Capai 6 Ribuan Orang

GoFood juga menghadirkan widget khusus bernama “RekomendAsik 17-an”. Widget ini merangkum berbagai makanan khas kuliner otentik dari beberapa daerah seperti Jabodetabek, Bandung, Bali, Makassar, Solo, Medan, Semarang, Palembang, Surabaya, dan Yogyakarta.

Pelanggan bisa menemukan widget ini di bagian bawah tampilan GoFood dan dapat mengakses lebih mudah pilihan menu-menu otentik dari kota-kota yang telah disebutkan di atas.

Bersamaan dengan kampanye #RekomendAsik+62, GoFood menghadirkan fitur baru yang menarik bernama “Koleksi”. Fitur “Koleksi” memudahkan pengguna layanan GoFood untuk menyusun daftar makanan dan minuman favoritnya selayaknya pengguna menyusun daftar musik kesukaan menjadi “playlist”.

Bersamaan dengan rilisnya fitur “Koleksi” dan kampanye “#RekomendAsik+62”, GoFood disebutnya juga mengeluarkan misi bagi pengguna di Agustus 2022 ini. Misi bertajuk RekomendAsik Merah Putih ini memberikan kesempatan untuk pengguna memenangkan hadiah menarik yang berasal dari brand lokal.

Syaratnya, lanjut Ichmeralda, pelanggan membeli produk dari restoran yang mengikuti kampanye #RekomendAsik+62 dengan minimum pembelian Rp60.000 sebanyak dua kali. Sebanyak 77.000 pengguna GoFood pertama yang menyelesaikan misi hingga 28 Agustus ini mendapatkan hadiah menarik berupa produk-produk kolaborasi yang menggandeng UMKM lokal.

Baca juga:  Bali Mulai Bergeliat, Roda Ekonomi pun Bergerak

Tak hanya itu, kompetisi juga bisa diikuti pelanggan yang akan berakhir pada 30 Agustus. Kompetisi bertajuk RekomendAsik Indonesia Banget ini bisa diikuti dengan memanfaatkan fitur “Koleksi.” “Bagi pengguna yang sudah menyusun daftar makanannya di fitur “koleksi”, anda harus merekomendasikan koleksi tersebut ke pengguna lainnya. Setiap koleksi yang dibuka atau bahkan ada yang melakukan transaksi berdasarkan rekomendasi itu anda mendapatkan poin yang berguna menentukan kemenangan. Pemenang akan diumumkan pada 31 Agustus 2022,” paparnya.

Pengamat dan Penulis Kuliner, Kevindra Soemantri mengatakan Indonesia merupakan negara dengan ragam suku budaya dan kekayaan alam yang melimpah. “Karenanya, kita memiliki variasi kuliner khas daerah yang unik dan tidak dimiliki oleh negara lain. Sebut saja Rawon dari Surabaya, Pisang Ijo dari Makassar, dan Batagor dari Bandung, dan lain sebagainya,” ujar Kevindra.

Baca juga:  GoTo, Kadin, dan Samator Inisiasi "Rumah Oksigen Gotong Royong" Pertama di Indonesia

Selain faktor geografis, pengaruh cita rasa kuliner masyarakat juga datang dari segi sosial, seperti budaya kumpul kumpul dengan bersantap makanan, serta mengirimkan makanan untuk jalin silaturahmi yang kian jadi tren di saat pandemi. “Saya mengapresiasi GoFood yang terus berinovasi dengan inisiatif yang memudahkan masyarakat untuk mencicipi kuliner khas daerah lain tanpa perlu ke luar kota, namun dapat dipesan dari resto terdekat.”

Tak hanya bagi para pelanggan, para mitra usaha GoFood pun antusias memeriahkan kampanye #RekomendAsik +62. “Program kampanye dan promo seperti ini sudah sering kami ikuti sejak bergabung dengan GoFood di akhir tahun 2019. Bahkan, selama pandemi, GoFood menjadi salah satu yang berkontribusi meningkatkan penjualan Teguk hingga 55% di akhir 2021. Berkat strategi penjualan dan promo lewat GoAds yang jitu, Teguk juga berhasil meningkatkan basket size (jumlah minuman yang dibeli pelanggan dalam satu transaksi) serta presence kami sebagai penjual minuman dalam kemasan,” ujar CEO Teguk, Maulana Hakim. (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN