Mayjen TNI Sony Aprianto, S.E., M.M. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Agar realisasi tugas pokok lebih maksimal, efektif dan efisien Kodam IX/Udayana meluncurkan E-Praja Raksaka. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat melaporkan setiap kejadian yang berpotensi mengganggu atau mengancam keamanan dan kenyamanan.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., Rabu (17/8) mengatakan, aplikasi E-Praja Raksaka memiliki fitur laporan kegiatan Babinsa yang dipergunakan untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan. Fitur tersebut juga mengajak serta “sobat karib” atau tokoh masyarakat dalam melakukan penilaian terhadap kegiatan dilaksanakan oleh Babinsa.

Baca juga:  Bali United dan Persik Targetkan Kemenangan

“Terdapat juga fitur pengaduan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menyampaikan pengaduan tentang keamanan, bencana alam, pengawasan orang asing, radikalisme maupun laka lalin yang terjadi di daerahnya,” ujarnya saat launching E-Praja Raksaka.

Dijelaskan pula, fitur bantuan cepat diperuntukan untuk masyarakat maupun anggota jajaran Kodam IX/Udayana yang membutuhkan bantuan masalah keamanan maupun bencana alam dengan tingkat urgensi yang tinggi. Dengan demikian bisa diketahui dan mendapatkan respon cepat Babinsa setempat. “Laporan tersebut akan langsung terhubung dengan sistem Pusat Komando E-Praja Raksaka yang didalamnya telah tergabung jajaran Babinsa yang tersebar di seluruh wilayah Kodam IX/Udayana, sesuai dengan wilayah tugasnya masing-masing,” kata Mayjen Sonny.

Baca juga:  Dewan dan Disdik Bali Sepakat Tak Ada PPDB SMA/SMK Gelombang Kedua

Sebagai wadah semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat, pada aplikasi E-Praja Raksaka juga terdapat fitur Portal Informasi yang berfungsi sebagai media resmi Kodam IX/Udayana untuk memberitakan setiap informasi kepada masyarakat. “Pesan saya kepada seluruh prajurit Kodam IX/Udayana maupun masyarakat, agar memanfaatkan aplikasi E-Praja Raksaka dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam meminta bantuan dan mengakses informasi terkait kegiatan Babinsa di wilayahnya masing-masing,” tegasnya.

Baca juga:  Ditarget Rampungkan 3 Ranperda dalam 1,5 Bulan, DPRD Bali Bentuk Tim Pembahasan

Pangdam berharap dengan adanya aplikasi ini dapat meningkatkan hubungan antara TNI dengan seluruh komponen masyarakat. Selain itu membantu TNI khususnya Kodam IX/Udayana dalam melaksanakan tugas pokok melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *