Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas pimpin apel patroli gabungan di Kuta. (BP/Istimewa)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Publik kembali menyoroti situasi dan kondisi Kuta karena maraknya kejahatan jalanan di tengah menggeliatnya pariwisata. Oleh karena itu, Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas mengerahkan kekuatannya untuk mengamankan Kampung Turis ini.

Bahkan Kombes Yugo me-warning anggota Reskrim Polresta dan Polsek Kuta jika terjadi kembali kasus kejahatan jalanan atau tidak menembak pelaku yang ditangkap. “Kepada Reskrim Polresta dan Polsek Kuta saya mau bukti. Kalau ada kejadian atau (pelaku) tidak diberikan tindakan tegas terukur, lari sama-sama. Tidak boleh tidur lima hari lima malam. Pelaku ketangkap tapi tidak diapa-apain, itu pelanggaran. Pelanggaran lain kalau ada kejadian, semuanya harus bertanggung jawab. Kita harapkan tidak ada kejadian,” tegas Kombes Yugo saat pimpin apel patroli malam gabungan di Mapolsek Kuta, Kamis (11/8).

Baca juga:  Pengebom GKI Diponegoro Surabaya Anak Juragan Jamu

Dalam arahannya saat pimpin apel, Yugo menyampaikan, meningkatnya tindak pidana kejahatan jalanan jadi prioritas penanganan. “Saya dihubungi Bapak Kapolda untuk atensi di Kuta. Makanya malam hari ini dan seterusnya kita akan melakukan patroli, nantinya akan dibagi. Saya selaku kapolres selalu hadir bersama anggota di lapangan,” ujarnya.

Anggota yang terlibat kegiatan ini nantinya akan ploting. Kapolresta minta loyalitas dan kerja sama.

Baca juga:  Polisi Selidiki Penyebab Meninggalnya Dosen STP

Tujuannya agar image yang terbentuk selama ini terkait rawannya Kuta bisa terbantahkan.
Ada dua kegiatan yang dilakukan yaitu preemtif dan preventif.

Patroli dialogis dilakukan anggota berseragam maupun tidak disesuaikan dengan kringnya masing-masing. Ada tiga titik yang disasar yaitu sepanjang Jalan Legian, Popies 1 dan Popies 2.

Jika menemukan orang-orang nongkrong agar ditanyakan asal, alamat, KTP, dan tujuannya di tempat tersebut. Jika tidak jelas langsung dibubarkan.

Sedangkan bila wisatawan domestik agar disarankan balik ke hotel tempatnya menginap. “Kalau wisatawan asing, sampaikan selamat berlibur, kami jamin keamanan,” kata Yugo.

Baca juga:  Demi Keamanan Bersama, Masyarakat Diminta Beraktivitas Gunakan PeduliLindungi

Yugo juga memerintahkan satu unit mobil Sabhara Polresta dan Polsek Kuta agar standby di Monumen Ground Zero, Kuta, sampai pagi. Selain polresta dan polsek, pengamanan Kuta juga di-back up Polda Bali. “Pukul 00.00 WITA ada BKO dari Polda Bali. Patroli gabungan sisir lagi tempat-tempat yang jadi target. Saya, Kasat Reskrim dan Kasat Intel tidak pernah tidur. Lakukan tugas ini sebaik-baiknya, jangan elek-lekan, jangan dongkol,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *