Kegiatan donor darah. (BP/Dokumen)

DENPASAR, BALIPOST.com – Serangkaian HUT ke 74 Bali Post dan Peringatan Hari Kemerdekan RI ke 77, Bali Post menggelar donor darah di Wantilan Gedung Pers Bali K Nadha, Denpasar, Sabtu (13/8) mendatang. Kegiatan kemanusiaan yang mengambil tema “Merawat Generasi” ini digelar bekerja sama dengan Bali TV, Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Bali, Palang Merah Indonesia (PMI), Jimbaran Hijau, Togar Situmorang Law Firm, dan Boshe Bali. Tidak hanya donor darah, dalam kegiatan juga akan dibagikan paket sembako.

Menurut Ketua Pengurus Daerah Bali PDDI, Ketut Pringgantara, donor darah merupakan satu anugerah kesehatan. Karena dengan berdonor kita mendapatkan kesehatan, sekaligus juga membantu sesama manusia yang sakit untuk menjadi sehat lewat transfusi darah. Donor darah juga merupakan sebuah yadnya. “Semiskin – miskinnya kita, kita masih dapat membantu orang lain dengan berbagi darah,” terang Pringgantara saat dihubungi Selasa (9/8).

Baca juga:  Setiap Tahun, Indonesia Masih Kekurangan Satu Juta Kantong Darah

Ia juga menerangkan bahwa donor darah memiliki banyak keuntungan. Seperti kita dapat mendeteksi seluruh penyakit yang ada didalam tubuh. Hal itu dikarenakan si pendonor akan dapat pemeriksaan kesehatan gratis. Pemeriksaan itu meliputi hepatitis A, B, malaria, HIV, AIDS, dan spilis. Untuk itu sangat diharapkan masyarakat, terutama generasi muda agar mulai belajar donor darah dari usia 17 sampai 65 tahun. Karena mendeteksi kesehatan secara rutin dari usia muda sangatlah baik.

Baca juga:  "The Island of Gods" Cocok Wakili Bali

Kemudian manfaat lainnya melakukan donor darah yakni peredaran darah dari jantung ke kepala akan lebih lancar, tulang semakin kuat, dapat menurunkan berat badan. “Yang paling pasti kita akan dapatkan yakni kesehatan kita akan sempurna apabila melakukan donor darah secara rutin,” paparnya.

Selain itu, dengan melakukan donor darah maka kita akan dapat mereduksi zat besi yang ada didalam tubuh. “Artinya, ketika darah kita sudah diambil dalam donor, maka ribuan sel baru akan muncul didalam tubuh kita. Ini penting sekali,” tegas Pringgantara. (Eka Adhiyasa/Balipost)

Baca juga:  Bali Post Jadi Inspirasi Gubernur Koster

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *