Kebakaran melanda lahan puluhan are di samping Kantor Camat Kubu, Jumat (1/7). (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kebakaran lahan kembali terjadi di Karangasem, Jumat (1/7). Kali ini kebakaran melanda lahan puluhan are di samping Kantor Kecamatan Kubu. Sebanyak 5 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan.

Kapolsek Kubu, AKP. I Nengah Sona, saat dikonfirmasi, membenarkan terjadinya peristiwa itu. “Lahan yang terbakar ada sekitar puluhan are. Kebakaran terjadi di lahan tempat pembuangan sampah dekat bangunan di dekat lapangan,” ujarnya.

Baca juga:  Kebakaran Lahan di Penelokan Belum Padam

Sona menambahkan untuk mencegah meluasnya kebakaran lahan, petugas dibantu masyarakat berupaya untuk memadamkan kobaran api. “Kalau tak segera dipadamkan, kebakaran kian meluas. Terlebih ada kantor camat di sampingnya,” katanya.

Kebakaran diduga disebabkan ada masyarakat yang membakar sampah di lokasi tersebut. “Setelah berusaha, akhirnya sekarang api sudah padam,” sebut Sona.

Pihaknya berharap warga dapat berhati-hati melakukan pembakaran sampah. Sebab di tengah cuaca berangin ini bisa memicu terjadinya kebakaran.

Baca juga:  Hektaran Lahan di Desa Banyupoh Terbakar, Petugas Kesulitan Jangkau Titik Api

Kadis Damkar Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah, menjelaskan, lahan yang terbakar luasnya kurang lebih mencapai 40 are. “Kita terjunkan belasan personil dan lima unit mobil damkar untuk memadamkan kobaran api. Kebakaran terjadi akibat ada warga melakukan pembakaran sampah di TPA sekitar,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN