Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana berada di Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia, Kamis (30/6/2022). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Hari kelima kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di luar negeri, diagendakan bertolak ke Moskow Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin di Kremlin. Berdasarkan keterangan resmi yang diterima di Jakarta, seperti dikutip dari Kantor Berita Antara, Kamis (30/6), Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Stasiun Przemysl Glowny di Kota Przemysl, Polandia, Kamis pukul 06.30 waktu setempat.

Dari stasiun, Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan langsung menuju Bandar Udara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia dan langsung bertolak menuju ke Bandara Vnukovo II di Moskow, Rusia dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 sekitar pukul 09.00 waktu setempat.

Baca juga:  Pos Penyekatan di Jembatan Suramadu Ditiadakan

Pada siang harinya, Presiden dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Ibu Iriana dalam penerbangan ke Moskow yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Adapun lawatan Presiden Jokowi ke Rusia membawa misi perdamaian, seperti halnya dengan lawatannya ke Kyiv, Ukraina, untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv.

Dalam pertemuan dengan Presiden Zelenskyy, Jokowi menyampaikan kunjungannya ke Ukraina merupakan perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia terhadap Ukraina.

Baca juga:  Presiden Optimis Target 16 Emas di Asian Games Tercapai

Kepada Zelenskyy, Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia menghormati kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun sulit dicapai, Jokowi juga menyampaikan pentingnya penyelesaian masalah antara Ukraina dan Rusia dengan damai, serta menyampaikan bahwa spirit perdamaian tidak boleh luntur. Jokowi juga menawarkan diri untuk membawa pesan dari Zelenskyy kepada Vladimir Putin. (kmb/balipost)

BAGIKAN