Warga membersihkan puing kebakaran di kios milik Sumadiyasa. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Saat umat Hindu merayakan Umanis Kuningan, Minggu (19/6) terjadi kebakaran di Pasar Adat Renon, Kelurahan Renon, Kecamatan Denpasar Selatan (Densel). Kios Bu Danan milik I Wayan Sumadiyasa (57) ludes dilalap api.

Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut. Hasil penyelidikan anggota Polsek Densel, kata Sukadi, kejadiannya pukul 13.15 WITA.

Sebelum kejadian, korban pada pukul 12.00 WITA sembahyang di kios miliknya tersebut. Usai sembahyang korban lupa mematikan dupa dan langsung ditinggal pulang untuk melanjutkan sembayang di rumahnya.

Baca juga:  Kasus COVID-19 di Denpasar Masih Bertambah, Pasien Sembuh Juga

Sekitar 30 menit kemudian, korban ditelepon cucunya diberi tahu jika kios terbakar. Korban langsung menuju TKP Tkp dan saat itu sudah banyak warga di lokasi membantu mematikan api.

Sedangkan menurut saksi, I Wayan Rudi (35) waktu itu dia sedang jualan tepatnya di sebelah pasar. Tiba-tiba ada warga teriak mengatakan ada kebakaran di Pasar Adat Renon.

Rudi langsung mengecek dan benar terlihat ada kepulan asap keluar dari roling door dari kios milik korban. Selanjutnya bersama warga, Rudi berusaha memadamkan api. “Penyebab kebakaran diduga karena api dupa yang lupa dimatikan korban. Api dupa itu diduga jatuh ke plastik atau bahan yang mudah terbakar di kios tersebut,” ujarnya.

Baca juga:  Jakob Oetama Berpulang

Dalam peristiwa kebakaran tersebut, menyebabkan satu buah meja tempat jualan dan barang dagangan berupa sembako terbakar. Kerugiannya diperkirakan Rp 5 juta. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN