Petugas saat membersihkan pohon tumbang. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Hujan lebat disertai angin kencang menumbangkan pohon bunut sekitar Mes SDN 2 Sampalan Klod, Kecamatan Dawan, Klungkung, Selasa (15/6). Pohon tumbang menerjang mobil warga milik Gede Kusuma Wijaya yang tengah parkir di garase setempat.

Petugas BPBD Klungkung segera melakukan penanganan di lokasi, setelah menerima informasi dari warga sekitar. Kepala Pelaksana BPBD Klungkung Putu Widiada, mengatakan Tim TRC BPBD Klungkung beranggotakan 15 orang personil segera ke lokasi.

Baca juga:  Raker BPPD Bali Bahas Sinkronisasi Program Promosi Pariwisata Bali

Pohon tumbang di potong-potong dengan mesin sensor untuk memudahkan penanganan di lokasi. Proses penanganan berlangsung selama satu jam, sampai seluruh bagian pohon berhasil dibersihkan dari lokasi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, kejadian ini mengakibatkan mobil warga ini rusak. Kerugian diperkirakan sekitar Rp 10 juta.

Cuaca buruk hujan lebat disertai angin kencang, kata Widiada, rawan menimbulkan ragam dampak buruk bagi masyarakat. Dia meminta warga untuk meningkatkan kewaspadaan. Khususnya berupaya menghindari risiko buruk pohon tumbang maupun tanah longsor saat melintas di sekitar perbukitan.

Baca juga:  Kasus COVID-19 Bali Bertambah di Atas 200 Orang, Ini Tiga Besarnya

Pohon-pohon yang sudah lebat dan tinggi, apalagi tumbuh di sekitar pemukiman, sebaiknya segera dipangkas guna menghindari risiko itu. Dengan kejadian pohon tumbang dan tanah longsor di sejumlah tempat ini, Widiada juga mengimbau agar warga lebih hati-hati saat berkendara di jalan.

Apalagi di tengah hujan deras dan angin kencang. Pihaknya tetap mempersiapkan diri, sehingga ketika menerima informasi, Tim TRC BPBD Klungkung bisa segera melakukan penanganan dengan cepat. (Bagiarta/balipost)

Baca juga:  Ini Hasil Rapid Test KPU Karangasem

 

BAGIKAN