Laksmi Shari De Neefe Suardana melambaikan tangan pada malam puncak Grand Final Pemilihan Puteri Indonesia 2022 di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Jumat (27/5). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Puteri Bali 2022, Laksmi Shari De Neefe Suardana, terpilih menjadi Puteri Indonesia 2022 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center pada Jumat (27/5). Sementara itu runner-up 1 Puteri Indonesia diraih oleh Cindy May MC Guire (DKI Jakarta 5) dan runner-up 2 Puteri Indonesia jatuh kepada Adinda Creshella (Jawa Timur).

Mahkota Borobudur diserahkan oleh Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020 yang telah dua tahun menjabat. Dengan diserahkannya mahkota Puteri Indonesia, tugas Ayu pun berpindah tangan kepada Laksmi.

“Semoga penerus saya bisa terus memberikan yang terbaik untuk Indonesia,” ujar Ayu saat Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia, dikutip dari Kantor Berita Antara.

Baca juga:  Gianyar Siapkan Kejuaraan Internasional

Laksmi secara langsung akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2022, Cindy pada Miss International 2022 dan Adinda di Miss Supranational 2022.

Sebelum menerima mahkota Borobudur, tiga finalis mendapat pertanyaan yang sama dari Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani tentang kesempatan untuk kembali ke masa lalu dan pengalaman apa yang ingin diubah.

Total finalis Puteri Indonesia 2022 yang melenggang di acara grand final mencapai 44 orang. Para finalis kemudian disaring menjadi 11 dan 6 besar hingga akhirnya mencapai tiga kandidat utama.

Baca juga:  APBN 2019 Dirancang untuk Hadapi Gejolak Global

Dalam seleksi tiga besar, keenam finalis
Indonesia ini menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri seperti masalah stunting yang dikemukakan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi, pemindahan Ibu Kota Negara, pariwisata Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika hingga arti kecantikan.

Selama masa karantina, seluruh finalis telah melakukan berbagai kegiatan mulai kelas kecantikan hingga pembekalan dari BNN, KPK, Kementerian Pemuda dan Olahraga serta BPOM guna persiapan malam puncak.

Finalis juga mengikuti sesi psikotes bersama psikolog Poppy Amalya untuk menjadi sosok Puteri Indonesia yang memenuhi kriteria 3B yakni Brain (kecerdasan), Beauty (berpenampilan menarik) dan Behavior (berperilaku baik).

Baca juga:  Oknum Syahbandar Benoa Kena OTT

Selain penobatan Puteri Indonesia 2022, ada beberapa gelar yang diberikan yakni tiga predikat Puteri Indonesia Intelegensia yang diberikan kepada Adinda Creshella (Jawa Timur), Magiana Ignasia Sinaga (Kalimantan Timur) dan Fransisca Oktaviani Hardi Putri (Kalimantan Selatan).

Puteri Indonesia Berbakat diraih oleh Angelia Rizky (DKI Jakarta 1), Puteri Indonesia Tradisional Kostum Jaswin K. Dhillon (Maluku), Puteri Persahabatan Catherine Widya Putri Stumer (Jawa Tengah) dan Puteri Indonesia Favorit Nitya Paramita Suwandi (DKI Jakarta 3). (kmb/balipost)

BAGIKAN