Suasana di Pantai Sanur, Denpasar. Salah satu destinasi yang menjadi tujuan wisatawan. (BP/eka)

DENPASAR, BALIPOST.com – Efek positif dari membaiknya kondisi pandemi di Indonesia dan relaksasi aturan yang diberlakukan adalah membaiknya sektor pariwisata. Indikatornya adalah kenaikan volume wisata, khususnya wisatawan yang berkunjung ke Bali, baik berasal dari dalam maupun luar negeri.

Meski demikian, Anda tidak dianjurkan pelesir ke Bali secara sembarangan. Apalagi datang bersama dengan anak-anak.

Pemilihan hotel di Bali harus dilakukan dengan baik agar nyaman untuk istirahat. Selain itu, pemilihan destinasi wisatanya juga harus sesuai.

Bali memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Namun, tidak semuanya bisa didatangi bersama anak-anak. Apabila Anda sedang merencanakan liburan ke Bali, ada baiknya untuk menyimak tips memilih lokasi di bawah ini.

1. Usahakan Ramah dengan Anak

Destinasi wisata yang ada di luar sana cukup bervariasi. Ada yang memang ditujukan untuk anak-anak dan ada yang lebih cocok untuk dewasa.

Salah satunya adalah destinasi pantai yang aksesnya agak sulit dan harus jalan cukup panjang. Selain itu ada juga destinasi berupa kebun binatang atau area taman yang lebih mudah untuk dijangkau.

Sebelum memutuskan untuk pergi ke sana, pertimbangkan terlebih dahulu apakah tempat itu aman untuk anak atau justru membuat mereka merasa tidak nyaman.

Baca juga:  Berburu Kuliner Lezat di Sekitar Kuta Bali, Nikmatnya Manjakan Lidah Sampai ke Hati

2. Lokasinya Mudah Dijangkau

Hindari untuk mengunjungi tempat wisata yang jaraknya cukup jauh dan akses untuk masuk ke sana juga sulit. Apabila tempatnya jauh dari hotel atau penginapan, pastikan masih bisa diakses dengan mobil. Jadi, kalau pun tetap dikunjungi Anda dan anak-anak tetap merasa nyaman selama melakukan perjalanan.

3. Memberikan Edukasi

Siapkan dahulu tempat wisata yang bisa memberikan edukasi kepada anak-anak. Misal dengan memilih taman, kebun binatang, atau tempat wisata budaya lainnya. Jadi, sembari melakukan perjalanan Anda juga bisa memberikan edukasi pada anak-anak.

Biasanya anak-anak akan suka dengan tempat wisata yang bisa dipakai juga untuk belajar. Jadi, saat berada di sana mereka akan kerasan dan tidak ingin segera pulang. Apalagi anak-anak dikenal lebih mudah bosan.

4. Bisa Dipesan Jauh-Jauh Hari

Dengan menggunakan aplikasi Traveloka, Anda bisa dengan mudah memesan tiket untuk masuk ke tempat wisata atau menyaksikan atraksi. Pembelian umumnya bisa dilakukan sejak jauh-jauh hari.

Jadi, Anda tidak kehabisan dibandingkan dengan langsung di lokasi. Umumnya beli sejak jauh-jauh hari masih ada kemungkinan dapat potongan harga. Jika pelesir dengan banyak orang sekaligus bisa lebih hemat. Sebelum pesan, pastikan anak-anak memang memintanya agar saat sudah sampai di sana mereka akan senang.

Baca juga:  Pentingnya Sewa Mobil di Bali Ketika Liburan

5. Lokasi Tidak Terlalu Ramai

Aturan pertama yang harus diikuti jika ingin mengunjungi tempat wisata bersama dengan anak-anak adalah jangan memilih yang ramai. Tempat yang ramai biasanya cukup merepotkan mulai dari sulit menikmati semua fasilitas hingga membuat anak-anak tidak nyaman.

Hindari tempat-tempat yang baru saja viral dan masih dikunjungi oleh banyak orang. Lebih baik mengunjungi tempat yang sudah biasa didatangi. Sebelum melakukan perjalanan coba daftar berbagai tempat wisata dan eliminasi tempat yang dianggap terlalu ramai.

6. Tersedia Toilet dan Fasilitas Umum Lainnya

Toilet adalah hal terpenting yang harus ada saat membawa anak-anak melakukan perjalanan. Apalagi mereka masih sangat kecil dan ada kemungkinan mereka mengompol, berganti diaper, hingga mengganti pakaian mereka yang kotor.

Selain itu pastikan juga ada fasilitas lain seperti klinik atau sejenisnya. Jadi, jika ada hal-hal yang sifatnya darurat bisa langsung diatasi dengan mudah.

7. Mudah Mendapatkan Makanan

Salah satu indikator tempat wisata yang ramah anak dan bisa dinikmati juga oleh banyak orang adalah dekat dengan tempat makan. Paling tidak tersedia seperti pujasera yang menjual aneka makanan lokal Bali atau makanan yang aman dikonsumsi anak.

Baca juga:  Tambahan Harian Pasien COVID-19 Sembuh Nasional Dekati 4.000 Orang, Lebih Banyak Seribuan Orang dari Kasus Baru

Minimal untuk membeli air mineral atau makanan ringan tidak harus mengeluarkan banyak effort. Jadi, saat perjalanan tidak perlu capek bawa makanan. Apalagi bawa air juga cukup berat.

Jika masih ragu untuk datang ke Bali khususnya berhubungan dengan bujet, Anda tidak perlu khawatir. Karena saat ini sedang ada EPIC Sale #JadiEPICLagi dari Traveloka.

Wujudkan liburan dengan Traveloka EPIC Sale – Buat yang Kangen Lihat Dunia Lagi! Diskon s.d. 80% untuk Hotel dan Holiday Stays mulai 31 Mei – 6 Juni 2022, setiap hari mulai jam 08.00 WIB hanya di aplikasi Traveloka.

Ikuti keseruan Traveloka LIVE dan EPIC Hour, EPIC Mission dan Grand Bazaar untuk tambahan kupon diskon dan penawaran EPIC lainnya! #JadiEPICLagi. Diskon yang ditawarkan maksimal 80% dan tanpa perlu menggunakan kupon.

Jadi, semua orang bisa mendapatkan potongan secara otomatis. Ini harus dimanfaatkan dengan baik agar perjalanan ke Bali bersama anak-anak berjalan tanpa hambatan. (Adv/balipost)

BAGIKAN