Petugas membersihkan material pohon yang tumbang di rumah warga. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Bencana pohon tumbang kembali terjadi di Kabupaten Karangasem. Kali ini pohon menimpa rumah milik Nyoman Sudiarta di Banjar Dinas Sangkan Gunung, Desa Sangkan Gunung, Kecamatan Sidemen.

Akibat kejadian itu, pemilik rumah mengalami kerugian materiil mencapai puluhan juta rupiah. Sebab, tak hanya rumah dan dapur, pohon juga menimpa tembok penyengker dan satu unit mobil hingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Baca juga:  Relokasi Korban Longsor Tunggu Pusat

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem, I Putu Eka Putra Tirtana mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi pada, Senin (23/5) sekitar pukul 21.30 WITA. “Kami sudah lakukan penanganan hari ini. Dalam penanganan itu, kami dibantu oleh beberapa pihak dari desa dan masyarakat sekitar, “ucapnya.

Hanya saja, kata Eka Tirtana, penanganan tak bisa dituntaskan. Sebab, batang pohon yang cukup besar ditakutkan menimpa pura, mengingat rumah Sudiarta berada di dekat pura tersebut. Kerugian materiil akibat kejadian itu diperkirakan mencapai Rp 30 juta.

Baca juga:  PPKM Darurat Haruskan Sektor Non Esensial Tutup, Wali Kota Akui Banyak Terima Keluhan Pedagang

“Rencananya penanganan akan kembali dilanjutkan Rabu (26/5), karena batang pohon berisiko menimpa area Pura Sekar Cempaka di desa setempat. Karena hasil koordinasi, dari pihak Pengempon Pura dan Kawil setempat akan mencarikan tukang chainsaw secara mandiri dan akan dibantu petugas BPBD Karangasem,” Katanya.

Sementara itu, Klian Banjar Sangkan Gunung, I Kadek Bikin menambahkan, selain menimpa rumah dan dapur, pohon juga menimpa tembok penyengker dan satu unit mobil. “Mobil tertimpa di bagian atap,” katanya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Warga Tetap Beraktifitas Biasa, Berharap Status Gunung Agung Kembali Normal
BAGIKAN