Suasana di terminal keberangkatan Bandara Ngurah Rai, Kamis (5/5). (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Meski libur lebaran belum berakhir, namun wisatawan yang memiliki balik lebih awal, mulai terlihat di Bandara Ngurah Rai. Peningkatan penumpang yang kembali usai berlibur di Bali, mulai terlihat sejak Rabu (4/ 5).

Peningkatan penumpang yang meninggalkan Bali ini, dibenarkan Stakeholder Relation Manager Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira. Menurutnya, peningkatan keberangkatan domestik, mulai terlihat pada tanggal 4 Mei, mencapai 13.942 orang. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan sehari sebelumnya yakni tanggal 3 Mei sebanyak 9.678 orang. “Jadi sudah mulai ada peningkatan arus baliknya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Sedangkan kebalikannya, untuk kedatangan sudah mulai turun,” kata Taufan saat ditemui, Kamis (5/5).

Baca juga:  Bupati Giri Prasta Terima Audiensi Yayasan Gases

Dengan mulai meningkatnya jumlah penumpang yang meninggalkan Bali, dirinya memprediksi tren peningkatan arus balik terus terjadi. Untuk Kamis (5/5), diperkirakan kembali akan meningkat. Dengan lanning pax untuk keberangkatan atau arus balik, sekitar 16.415 pax. Untuk angka kedatangan, sudah mulai landai lagi yaitu 11.379 pax.

Faktor menyebabkan arus balik mulai menurut Taufan, kemungkinan mereka yang balik, sudah lebih awal datang. Tentu mereka sudah cukup menghabiskan waktunya di Bali. “Kemungkinan mereka juga sudah duluan untuk melakukan perjalanan. Sehingga mereka lebih awal kembali ke daerah asalnya,” ucapnya.

Baca juga:  Kasus Baru di Atas 140 Orang, Korban Jiwa COVID-19 Bertambah Belasan Orang

Dirinya menambahkan, untuk puncak arus balik, diprediksi akan terjadi pada masa akhir liburan yakni di tanggal 8 Mei. Karena, tanggal 9 Mei sudah mulai beraktivitas kembali. Tentunya yang kembali lebih awal ini , untuk menghindari penumpukan penumpang. “Kami yakin, kami percaya bahwa para penumpang lebih awal untuk menghindari kepadatan nanti saat puncak arus balik,” ujarnya.

Dengan planning pax pada Kamis ini sebanyak 16 ribu penumpang, diprediksi beberapa hari kedepan, jumlah ini akan terus naik. Kemungkinan kenaikannya per hari berkisar sampai maksimal 1.000-an penumpang. Sehingga, pada puncak arus balik nanti, pada hari Minggu, diperkirakan jumlah penumpang domestik yang berangkat, sekitar 20 ribuan orang. (Yudi Karnaedi/balipost)

Baca juga:  Di Rakornas, Ketua TP-PKK Bali Tegaskan Peran Perempuan Sangat Sentral
BAGIKAN