Suasana kegiatan Pedagogi yang digelar AHM. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST – Pemenang pertama hingga ketiga dalam ajang Kontes Kreativitas Pembelajaran Guru Online 2021 wilayah Bali mengikuti “Pelatihan Teknik Mengajar (Pedagogi) bagi para guru SMK binaan di seluruh Indonesia” oleh PT AHM pada 12-13 Agustus. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya AHM untuk turut menjaga semangat tenaga ajar, khususnya bagi SMK yang menerapkan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Guru SMK wilayah Bali yang memperoleh pelatihan adalah I Nyoman Mudana, A.Md (SMK Negeri 1 Denpasar), I Wayan Dalem Mahayana, S.Pd (SMK Negeri 1 Amlapura,), dan I Gede Adi Aryana, S.Pd (adalah SMK Negeri 1 Gerokgak). Mereka mengikuti program pelatihan Pedagogi bersama dengan 81 guru wilayah Indonesia.

Baca juga:  Dari Dokter Kandungan Ditemukan Meninggal hingga Bali Siap Sambut Wisman

Pada hari pertama, para peserta guru mendapatkan materi dasar berupa “Be A Great Trainer” yakni pengetahuan dasar-dasar menjadi seorang pengajar seperti sapa, salam dan kemampuan dasar di depan kelas. Setelah mendapatkan ilmu dasar mengajar, para guru mendapatkan materi “Impactful Online Class Trainer” yaitu membuat proses mengajar lebih menyenangkan dengan cara mengajar yang menarik untuk para siswa didik.

Pelatihan dilanjutkan dengan materi persiapan kelas seperti mempersiapkan materi, mempersiapkan alat dan bahan mengajar serta kebutuhan mengajar dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh para siswa.

Technical Service Manager Astra Motor Bali, gung Surya menyampaikan kegiatan pelatihan Pedagogi merupakan peluang yang sangat bagus. Sebab, selama kegiatan, para guru mendapatkan pelatihan secara langsung dari tim Learning Center AHM.
“Para guru berperan penting dalam menyiapkan tenaga muda terampil melalui sistem pendidikan link and match antara Industri dan Dunia Kerja (Iduka) di Indonesia,” ujarnya dalam rilis diterima.

Baca juga:  Mundur dari Pelatnas AG, Coki Diberi Kesempatan Lagi

Ia mengatakan ini menjadi terobosan inovasi yang dilakukan untuk menghadirkan tenaga pengajar yang unggul di bidang vokasi. “Kami berharap kegiatan pelatihan bagi guru-guru di SMK binaan ini dapat mendukung terciptanya pendidikan vokasi yang lebih adaptif dengan perkembangan situasi saat ini,” jelasnya.

Selain para guru, AHM telah melaksanakan pelatihan serupa kepada 30 instruktur Technical Service jaringan Main Dealer Astra Honda di seluruh Indonesia pada bulan Juni. Para instruktur Honda ini mendukung implementasi Kurikulum TBSK Astra Honda melalui pengajaran beragam materi mengenai perkembangan teknologi sepeda motor Honda kepada para guru di seluruh Indonesia.

Baca juga:  Cari Aman, Edukasi Safety Riding Digelar Astra Honda Motor

Dalam mendukung kemajuan dunia vokasi di Tanah Air, AHM bersinergi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kurikulum TBSM Astra Honda. Hal ini dilakukan melalui penyusunan bahan ajar, pelatihan dan sertifikasi guru, praktik kerja di industri, uji kompetensi siswa, teaching factory (TEFA), dan laboratorium praktik standar industri.

Hingga saat ini, AHM sendiri sudah mempunyai 687 SMK binaan dengan Jurusan TBSM Astra Honda di 34 provinsi di Indonesia dengan jumlah guru produktif tercatat 3.462 orang. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *