Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat hadir memantau jalannya shalat Ied dan bersilaturahmi dengan warga. (BP/Ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Ribuan umat Muslim di Kabupaten Klungkung melakukan shalat Idul Fitri 1 Syawal 1443 H tahun 2022 di Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, Senin (2/5). Mereka memadati ruang lapang tersebut sejak pagi, sebelum pelaksanaan shalat Ied dimulai pukul 07.00 WITA.

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta hadir memantau jalannya shalat Ied ini. Selain aparat kepolisian dan TNI, nampak pula sejumlah anggota Bakamda (Bantuan Keamanan Desa Adat) Desa Adat Semarapura ikut mengamankan jalannya shalat Ied tersebut.

Baca juga:  Pendisiplinan Prokes Sasar Toko Modern

Usai pelaksanaan shalat ied, Bupati Suwirta yang berdiri di pintu keluar Alun-alun menyampaikan selamat hari raya Idul Fitri kepada umat Muslim. Momen lebaran yang masih dihadapkan dengan pandemi COVID-19, Bupati Suwirta berharap masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik.

Terlebih momen Lebaran memang identik dengan para umat Muslim menjalin silaturahmi, bermaaf-maafan dan merayakan kemenangan bersama usai menjalani ibadah puasa sebulan penuh. “Semoga kemenangan ini menjadi kemenangan hakiki, selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin,” ucap Bupati Suwirta kepada seluruh umat Muslim.

Baca juga:  ABG Diamankan Warga Diduga Hendak Mencuri dan Memperkosa  

Sementara itu, tingginya toleransi umat beragama di Kabupaten Klungkung terlihat dari keikutsertaan Badan Keamanan Desa Adat (Bakamda) Desa Adat Semarapura mengamankan jalannya shalat ied ini. Koordinator Baga Pawongan Desa Adat Semarapura, Putu Yudhi Pasek Kusuma yang membawahi Bakamda Desa Adat Semarapura mengatakan, jumlah personil yang dilibatkan untuk mengamankan jalannya shalat ied di alun-alun Ida Dewa Agung Jambe sebanyak 12 orang. Keterlibatan Bakamda Semarapura dalam penjagaan ini tidak terlepas dari bentuk toleransi dan menjaga keamanan masing-masing umat dalam melakukan ibadah. “Sebanyak 12 personil Bakamda dilibatkan untuk mengamankan ibadah shalat ied, termasuk Bendesa Adat Semarapura juga ikut melakukan pemantauan,” ujarnya. (Adv/balipost)

Baca juga:  AS Larang Warganya Berkunjung ke Hongkong

 

BAGIKAN