Gubernur Bali, Wayan Koster (tengah) menghadiri Pasamuhan Agung VI dan Paruman Sulinggih IV Maha Semaya Warga Pande (MSWP) Provinsi Bali/Pusat. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Berbagai hal dihasilkan dalam Pasamuhan Agung VI dan Paruman Sulinggih IV Maha Semaya Warga Pande (MSWP) Provinsi Bali/Pusat. Salah satunya mengaktifkan kembali Pasikian Yowana Paramartha Warga Pande (YPWP).

Hasil dalam pasamuhan tersebut menetapkan Agus Pande Widura menjadi Ketua Umum (Ketum) YPWP, didampingi Wakil Ketua Umum Gede Subianta Eka Kresnawan. Agus menyampaikan, sejumlah hal menjadi fokus kerja menakhodai Yowana Paramartha Warga Pande.

“Visi misi saya, untuk tahap awal merapikan AD/ART Yowana Paramartha Warga Pande. Kemudian kita ingin menggabungkan, karena selama ini saling tidak mengenal diantara warga Pande. Jadi harapan saya itu bisa mempersatukan pemuda-pemudi Pande yang tergabung dalam Yowana, agar bisa bersama-bersama dalam wadah yang utuh,” ungkapnya, Senin (25/4).

Baca juga:  Gubernur Koster Bangga Cuma Bali yang Gelar Bulan Bahasa Bali

Guna mewujudkan persatuan absolut di Yowana Paramartha Warga Pande, pria yang akrab disapa APW itu mengaku akan melakukan roadshow ke 9 kabupaten/kota. “Karena di setiap kabupaten/kota itu juga ada yang namanya Yowana kabupaten/kota,” ujarnya

Setelah itu rampung, ia akan merangkul saudara-saudara yang ada di Kalimantan, Sulawesi, dan Lombok karena disitu juga banyak warga Pande.

Wakil Ketua YPWP, Gede Subianta Eka Kresnawan di tempat terpisah menyampaikan, perkuatan internal menjadi fokus utama. Ia tak memungkiri, warga Pande memiliki potensi besar, dan tersebar di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Baca juga:  Puji Kesbangpol Bali, Bunda Putri Koster Ajak Masyarakat Lebih Peduli Sesama

“Kami proses untuk pendataan dulu, kemudian roadshow ke pelosok-pelosok, jadi kita perkuat internal dulu,” ucapnya.

Eka1 berharap, ketika warga Pande telah tergabung dalam satu wadah, dapat berkontribusi positif terhadap Bali. Terlebih ketika hadir dalam Pesamuhan Agung VI dan Paruman Sulinggih IV Maha Semaya Warga Pande (MSWP) Provinsi Bali/Pusat, Gubernur Koster memiliki harapan besar terhadap warga Pande.

“Kita bersinergi dengan pemerintah, karena ini pasemetonan yang baru dibangkitkan lagi, jadi Yowana ini diharapkan dapat berkontribusi positif di seluruh lini kehidupan di Bali,” pungkasnya. (Adv/balipost)

Baca juga:  Harus Diantisipasi!! Dampak Pembatasan Aktivitas Ekonomi saat Wabah COVID-19 Melanda
BAGIKAN