Pemeriksaan di Pos I yang berada di Terminal Manuver sebelum masuk Pelabuhan Gilimanuk. (BP/Istimewa)

NEGARA, BALIPOST.com – Lima titik pos pemeriksaan dan pelayanan arus mudik dan arus balik di Jembrana mulai dioperasikan Senin (25/4). Di lima titik kantong pemeriksaan itu juga disertai layanan vaksinasi dan Rapid Test Antigen bagi para pemudik.

Kasat Lantas Polres Jembrana AKP Aan Saputra, Senin (25/4) pagi menyebutkan pengoperasian ini mulai dilakukan di lima titik mulai dari Pengeragoan, Negara dan Melaya hingga Gilimanuk. “Hari ini kita di Terminal Kargo, Gelung Kori, juga akan lakukan simulasi, untuk pengaturan kendaraan khususnya roda empat dan roda dua,” kata Kasatlantas.

Baca juga:  SDN 1 Loloan Timur Rusak Parah

Sementara itu, dari pengamatan belum terjadi lonjakan signifikan arus pemudik yang keluar Bali, Minggu (24/4) malam hingga Senin (25/4) pagi. Lonjakan sempat terjadi pada Jumat (22/4) malam dan Sabtu (23/4) tetapi masih belum ada antrean.

Dari data di ASDP pada 23 April, jumlah penumpang mencapai 30.846 orang. Dengan total kendaraan baik roda dua hingga truk 10.227 unit yang keluar Bali. Dari total kendaraan, didominasi roda dua 3.404 unit.

Baca juga:  Dapat Remisi, Dua Napi LP Tabanan Langsung Bebas

Manajer Usaha ASDP Pelabuhan Gilimanuk Djumadi menyebutkan mulai ada peningkatan kendaraan dan penumpang yang keluar Bali khususnya pada akhir pekan. Diperkirakan pada hari selanjutnya peningkatan akan terjadi dan diperkirakan puncak terjadi mulai Kamis (28/4) hingga Sabtu (30/4) nanti. (Surya Dharma/balipost)

BAGIKAN