Maskapai Thai AirAsia yang melayani penerbangan rute Bangkok-Bali, mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Selasa (12/4/2022). (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Rute penerbangan internasional ke Bali pada Rabu (13/4) bertambah lagi. Hal ini disampaikan PT Angkasa Pura I (Persero).

Dalam keterangan yang dikutip di Kantor Berita Antara, disebutkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menambah rute internasional reguler Bali-Bangkok. “Setelah Perth pada pekan lalu, hari ini rute dari dan ke Bangkok kembali beroperasi,” kata Direktur Utama AP I Faik Fahmi di Jakarta.

Ia mengatakan rute ini dilayani maskapai Thailand, Thai AirAsia, pada Selasa (12/4). Penerbangan perdana rute ini dilayani dengan nomor FD396 yang berangkat dari Bandara Don Mueang dengan mengangkut 128 penumpang, serta mendarat di Bandara Ngurah Rai pada pukul 11.53 WITA setelah menempuh empat jam perjalanan.

Baca juga:  Pura Dadia Gelgel Hangus Terbakar

Pesawat yang sama kemudian kembali terbang ke Bangkok pada pukul 12.56 WITA dengan mengangkut 29 penumpang dengan menggunakan nomor FD397. Menurut jadwal, penerbangan ini akan dilayani dua kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa dan Sabtu.

“Thailand menjadi negara Asia Tenggara ketiga yang terhubung dengan Bali, setelah sebelumnya Singapura dan Malaysia sudah terlebih dahulu,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini ada beberapa maskapai yang telah memperoleh izin rute, serta maskapai yang tengah dalam proses pengaktifan kembali rute penerbangan melalui Kementerian Perhubungan.

Baca juga:  Pemilih Jalani Karantina dan Sakit Tetap Bisa Nyoblos

“Di akhir pekan nanti juga akan ada lagi. Kami sangat optimis dengan prospek penerbangan internasional reguler dari dan ke Bali,” katanya.

Sebagai informasi, dengan beroperasinya rute ini, Bandara Ngurah Rai kini melayani sembilan rute internasional reguler, yaitu Singapura, Melbourne, Sydney, Tokyo, Kuala Lumpur, Doha, Istanbul, Perth, dan Bangkok.

Adapun maskapai penerbangan yang melayani penerbangan internasional reguler dari dan ke Bali adalah Garuda Indonesia, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, Jetstar Asia, Scoot, KLM, Jetstar, AirAsia, Qatar Airways, Turkish Airlines, dan yang terbaru adalah Thai AirAsia.

Baca juga:  Walhi Ungkap 400-an Hektare Lahan Pertanian Terkena Proyek Tol Gilimanuk

Secara total, terdapat 11 maskapai penerbangan baik nasional maupun asing yang melayani sembilan rute penerbangan dari dan menuju Bali.

Sejak kembali beroperasinya rute penerbangan internasional reguler di Bandara Ngurah Rai pada 3 Februari 2022, hingga Senin (11/4/2022) tercatat sebanyak 64.361 penumpang dan 513 pergerakan pesawat udara keluar masuk Bali. Rinciannya, 40.806 penumpang dan 259 pergerakan pesawat datang, dan 23.555 penumpang dan 254 pergerakan pesawat berangkat meninggalkan Bali. (kmb/balipost)

BAGIKAN