Sejumlah artis Hollywood menghadiri malam penganugerahan Oscar, Minggu (27/3). (BP/AFP)

HOLLYWOOD, BALIPOST.com – Drama keluarga tunarungu “CODA” memenangkan penghargaan film terbaik di Academy Awards atau yang biasa disebut Oscar, Minggu (27/3) malam waktu setempat. Gemerlap Oscar sempat diwarnai insiden saat pemenang Aktor Terbaik, Will Smith menampar komedian, Chris Rock di atas panggung karena membuat lelucon tentang istrinya.

Dikutip dari AFP, ajang paling bergengsi di dunia perfilman ini sempat  melakukan aksi mengheningkan cipta atas krisis Ukraina. Tetapi sebelum penghargaan terakhir dibagikan, pertengkaran Smith-Rock yang mengejutkan menjadi viral, dan mengubah suasana malam itu.

“CODA”, sebuah drama indie yang dibintangi aktor tunarungu sebagai pemeran utama, telah dianggap sebagai hadiah terbesar di Hollywood hingga baru-baru ini. Film ini mengantongi penghargaan dari Apple TV+, pendatang baru di pasar streaming yang didominasi oleh pesaing, seperti Netflix.

“Terima kasih kepada Akademi karena membiarkan ‘CODA’ membuat sejarah malam ini,” kata produser Philippe Rousselet.

Mengambil judul dari akronim “child of deaf adult” (anak dari orangtua yang tuli) ini juga memenangi skenario adaptasi terbaik, dan aktor pendukung terbaik untuk Troy Kotsur, yang berperan sebagai ayah dari seorang gadis remaja yang dapat mendengar dan ingin mengejar karir di musik.

Baca juga:  Peneliti China Klaim Pertama Kali Temukan Air di Planet Mars

Kotsur mendedikasikan patung emasnya untuk komunitas tunarungu dan disabilitas. “Ini adalah momen kita,” katanya.

Jessica Chastain memenangkan aktris terbaik untuk “The Eyes of Tammy Faye,” di mana ia memainkan televangelist. ‘Kita dihadapkan dengan undang-undang diskriminatif dan fanatik yang melanda negara kita … di saat-saat seperti ini, saya memikirkan Tammy dan saya terinspirasi oleh tindakan cinta radikalnya,” katanya.

Tapi malam terbesar Hollywood didominasi oleh momen mengejutkan di mana Smith – yang memenangkan aktor terbaik untuk karyanya di “King Richard” – menampar Rock di atas panggung, sebelum kembali ke tempat duduk bersama istrinya Jada Pinkett Smith, dan meneriakkan kata-kata kotor.

“Jauhkan nama istriku dari mulutmu,” teriak Smith, memaksa produser untuk menghentika beberapa detik audio dari siaran televisi di Amerika Serikat.

Baca juga:  Dua Menteri Undur Diri, PM Inggris Rombak Kabinet

Rock, yang mempersembahkan hadiah dokumenter terbaik, membandingkan rambut Jada yang dipangkas sangat pendek dengan penampilan Demi Moore di film “G.I. Jane.” Jada menderita alopecia, suatu kondisi yang menyebabkan rambut rontok.

Momen itu membuat pemirsa tercengang mempertanyakan apakah itu naskah atau asli.

Tetapi ketika dia kembali ke panggung untuk menerima penghargaannya, Smith yang menangis meratapi “orang-orang yang tidak menghormati Anda” di Hollywood, dan meminta maaf kepada Akademi “dan semua rekan nominasi saya.”

Smith, yang berperan sebagai ayah dari petenis hebat Serena dan Venus Williams dalam “King Richard,” menambahkan: “Seni meniru kehidupan. Saya terlihat seperti ayah yang gila, seperti yang mereka katakan tentang Richard Williams.”

Sampai baru-baru ini, tampaknya “The Power of the Dog” Barat yang gelap dan psikologis ditakdirkan untuk membuat Netflix mendapatkan patung gambar terbaik pertama yang sangat didambakan.

Ternyata, film tersebut hanya memenangkan sutradara terbaik untuk Jane Campion.

Baca juga:  Stand Up Comedy hingga Navicula Siap Memeriahkan Denfest Hari Ini

Dia wanita ketiga yang berhasil meraih sutradara terbaik dalam sejarah Oscar, hanya setahun setelah Chloe Zhao menjadi yang kedua (“Nomadland”). Kathryn Bigelow adalah yang pertama memenangkan penghargaan itu untuk “The Hurt Locker.”

“Belfast” yang diilhami oleh masa kecil Kenneth Branagh menang untuk skenario asli terbaik. Ariana DeBose memenangkan aktris pendukung terbaik karena perannya sebagai Anita di “West Side Story,” dan “Encanto” yang merupakan produksi Disney dinobatkan sebagai fil. animasi terbaik.

“Summer of Soul” memenangkan film dokumenter terbaik untuk film pertama musisi Questlove tentang festival besar “Black Woodstock” yang berlangsung di Harlem 1969.

“Drive My Car” yang merupakan film asal Jepang, berdasarkan cerita pendek dengan judul yang sama oleh Haruki Murakami, dinobatkan sebagai film internasional terbaik.

Penghargaan untuk lagu orisinal terbaik jatuh ke tangan Billie Eilish untuk lagu tema James Bond-nya “No Time to Die.” (Diah Dewi/balipost)

BAGIKAN