Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto beri reward ke Babinsa Semarapura Klod Kangin, Koramil 1610-01/Klungkung, Sertu Suparto. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto mengundang khusus Babinsa Semarapura Klod Kangin, Koramil 1610-01/Klungkung, Sertu Suparto, Senin (21/3). Suparto diundang untuk diberikan reward karena sigap menolong korban lakalantas pada Jumat (18/3) di depan Kantor Koramil 1610-01/Klungkung.

Suparto bahkan merobek baju dinas yang dipakainya untuk menghentikan pendarahan dialami korban. “Saya sengaja mengundang dan menerima Sertu Suparto untuk memberikan apresiasi atas tindakan yang dilakukannya membantu warga. Ini bukanlah pencitraan yang direkayasa, tapi murni panggilan tugas yang wajib dilaksanakan oleh setiap prajurit,” tegas Pangdam Sonny.

Baca juga:  Bypass Ida Bagus Mantra akan Dilanjutkan Hingga Padangbai

Terkait kesigapan anggotanya tersebut, Mayjen Sonny mengatakan hal tersebut merupakan kewajiban sebagai personel TNI AD yang memegang teguh Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Salah satu butirnya menyebutkan menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

“Saya berharap apresiasi ini agar ini dijadikan motivasi untuk seluruh prajurit Kodam IX/Udayana lainnya, selalu berbuat yang sama dalam membantu masyarakat sekelilingnya,” ungkapnya.

Baca juga:  Visual Asap Gunung Agung Tak Teramati, Dua Kemungkinan Ini yang Terjadi

Usai menerima penghargaan dari pangdam, Suparto mengungkapkan bahwa aksinya itu spontanitas karena rasa kemanusiaan dan merupakan tugas Babinsa yang didoktrin untuk mengayomi, melayani dan membantu masyarakat di sekelilingnya. “Apa yang kami gunakan ini (seragam) semua dari rakyat. Jadi kami relakan dan kembalikan untuk rakyat, terlebih disituasi seperti saat itu,” ujar Babinsa asal Jember, Jawa Timur ini.

Terkait penghargaan dari pangdam, Suparto mengungkapkan sebenarnya tidak mengharapkan apapun. Pasalnya yang dilakukan itu sudah menjadi kewajiban sebagai anggota TNI AD yang didasari dengan rasa kemanusiaan. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Judith Hill Rilis Video Klip, Banyak Tuai Pujian Karena Ini
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *