Suasana belajar mengajar di Gianyar. (BP/Dokumen)

GIANYAR, BALIPOST.com – Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Gianyar Senin (7/3) memulai kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Saat ini Gianyar menjalani PPKM Level 3, begitu juga dengan Bali.

Salah satu SMP yang sudah menggelar kembali PTM adalah SMPN 1 Gianyar. Kepala Sekolah SMPN 1 Gianyar, I Wayan Mawa, mengatakan hari pertama pelaksanaan PTM dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Baca juga:  Bupati Bharata Siapkan Nama Untuk Jabatan Sekda Gianyar 

Mawa menyampaikan sebelum pelaksanan PTM telah diawali dengan pemetaan ruangan dan penyemprotan disinfektan. Pemetaan ruangan menggunakan pola 50 persen.

Di SMPN 1 Gianyar durasi pembelajaran setiap sesi selama 120 menit. Ini dibagi menjadi 2 jam pelajaran untuk 2 mata pelajaran (mapel) setiap hari. Mawa menekankan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebelumnya menyampaikan pelaksanaan PJJ memang tidak bisa mengantikan PTM. Ini untuk menjawab kerinduan orangtua siswa, SMPN 1 Gianyar kembali mulai melaksanakan PTM dengan pola 50 persen.

Baca juga:  Soal Mulai Digelarnya PTM di Gianyar, Ini Kata Kadisdikpora Bali

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gianyar, Made Suradnya mengatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar, Made Suradnya mengatakan sesuai arahan Bupati Gianyar Made Mahayastra, PTM Terbatas mulai dilaksanakan Senin (7/3). “Hasil pantauan kami hari pertama PTM 50 persen berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Suradnya menjelaskan Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Pendidikan Gianyar telah melayangkan Surat Edaran Nomor: 420/196/Disdik tentang penyelenggaraan PTM Terbatas di Masa Pandemi Covid-19.  Dipaparkannya, surat edaran ini telah disampaikan Kepala SMP Negeri/Swasta se-Kabupaten Gianyar dan Kepala SD Negeri/Swasta Se-Kabupaten Gianyar dan Kepala Satuan Pendidikan Jenjang PAUD Negeri/Swasta Se-Kabupaten Gianyar. “Surat Edaran Pemkab Gianyar sudah dilaksanakan hari ini,” tegasnya. (Wirnaya/balipost)

Baca juga:  Mulai Besok, Sekolah di Bangli Kembali PTM
BAGIKAN