Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di Jawa Timur. (BP/Antara)

MALANG, BALIPOST.com – Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang ada di wilayah Jawa Timur akan ditutup total pada perayaan Hari Suci Nyepi. Penutupan dilakukan pada 3 Maret 2022.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) Novita Kusuma Wardani, Selasa (1/3), mengatakan penutupan kawasan Bromo dari aktivitas wisata dilakukan mulai pukul 00.00 WIB. “Kegiatan wisata Bromo ditutup total mulai 3 Maret pukul 00.00 WIB, hingga 4 Maret 2022 pukul 05.00 WIB,” kata Novita.

Baca juga:  Dari Kasus COVID-19 Bali Bertambah 2 Digit hingga Pengeroyokan Perwira Polda Metro Jaya

Novita menjelaskan penutupan wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tersebut tertuang dalam Pengumuman BB TNBTS Nomor PG.01/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/3/2022 yang dikeluarkan pada 1 Maret 2022.

Menurutnya, penutupan kegiatan wisata pada saat perayaan Hari Raya Nyepi tersebut juga telah memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo Nomor 107/Pem/PHDI-KAB/I/2022 tertanggal 24 Februari 2022.

“Penutupan juga telah memperhatikan surat dari Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Probolinggo, berupa pemberitahuan dan hasil koordinasi dengan sesepuh Tengger,” ujarnya.

Baca juga:  Tinjau Lokasi Bencana di Tabanan, Gubernur Koster Pastikan Korban Terpenuhi Pasokan Pangan

Ia menambahkan penutupan kegiatan wisata dari arah Kabupaten Probolinggo akan dilakukan di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura. Sementara dari Kabupaten Pasuruan akan ditutup dari Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari.

“Untuk dari arah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, akan ditutup di Jemplang,” tambahnya.

Sebagai informasi kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saat ini dibuka dengan melakukan pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50 persen dari total kapasitas daya tampung, yang merupakan upaya untuk meminimalisasi penyebaran Virus Corona.

Baca juga:  Garuda-Aerojasa Kargo Sepakati Perluasan Layanan

Penetapan kuota kunjungan wisatawan sebanyak 1.468 orang, terbagi di Bukit Cinta dengan kapasitas 62 orang, Bukit Kedaluh 214 orang per hari, Penanjakan, 444 orang per hari, Mentigen 110 orang per hari dan Savana Teletubbies sebanyak 638 orang per hari. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *