Sejumlah wilayah di Karangasem dilanda hujan es. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Tak cuma di Batur, Bangli, hujan lebat mengguyur wilayah Kabupaten Karangasem, pada Selasa (1/2). Bahkan di sejumlah wilayah yang ada di bumi lahar itu pun dilanda hujan es.

Bendesa Adat Bukit Galah, I Putu Suyasa saat dikonfirmasi, membenarkan, kalau di wilayahnya turun hujan yang menyerupai es. Kata dia hujan es mulai terjadi sekitar pukul 15.30 WITA. “Hujan es terjadi sekitar 5 menit. Sekarang sudah tidak. Es yang jatuh di atas rumah, sehingga atap rumah seperti ada yang melempari,” ucapnya.

Baca juga:  Kemensos Tambah Kuota KPM dan PKH di Bali Utara

Suyasa, menambahkan, hujan es tidak hanya terjadi di wilayah Desa Adat Bukit Galah saja, namun di wilayah lain di sekitanya. “Berdasarkan informasi yang saya terima, di wilayah Sebudi juga terjadi hujan es,” katanya.

Dia menjelaskan, ukuran es yang jatuh tidak terlalu besar. Ukurannya sebesar mutiara. “Es berserakan di halaman rumah warga. Termasuk lantai rumah warga banyak esnya,” sebutnya.

Sementara itu, Kalak BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, menambahkan, untuk sementara ini laporan yang diterima hujan es terjadi di Desa Adat Bukit Galah. “Baru di sana saja, wilayah lain belum monitor. Ini merupakan fenomena alam biasa. Kita masih koordinasi dengan BMKG,” ucapnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Mensos Serahkan Bantuan Untuk Korban Bencana Alam di Kintamani
BAGIKAN