Tanah longsor menerjang tembok rumah milik I Made Murtika di Banjar Dinas Asah Teben, Desa Datah, Kecamatan Abang hingga mengalami kerusakan. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras yang terus melanda Karangasem, Minggu (9/1), kembali mengakibatkan terjadi bencana tanah longsor. Kali ini, tanah longsor menimpa tembok rumah warga di Banjar Dinas Asah Teben, Desa Datah, Kecamatan Abang hingga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana, Senin (10/1) mengungkapkan, tembok rumah warga yang jebol akibat diterjang tanah longsor adalah milik I Made Murtika. “Akibat kejadian itu, tembok dua kamar jebol akibat terjangan tanan longsor itu,” ucapnya.

Baca juga:  Mulai 8 Desember, Dermaga I Padangbai Ditutup 3 Hari

Eka Tirtana menambahkan, saat kejadian pemilik rumah ada di rumah tersebut. Hanya saja, mereka tidak ada di dalam kamar melainkan di luar rumah. “Ada diam di teras rumah, ada juga yang sedang membuat keranjang. Sehingga tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian itu,” katanya.

Pasca kejadian itu, jelas Eka Tirtana, material longsoran sudah dibersihkan oleh pemilik rumah dibantu oleh warga setempat. Dimana rumah tersebut merupakan bantuan bedah rumah dari Kementerian Sosial. “Karena dua kamarnya rusak, untuk sementara pemilik rumah tinggal di rumah kerabat terdekat,” katanya.

Baca juga:  Jabatan Pj Sekda Karangasem Berakhir, Tunggu Kepastian Gubernur

Dia menjelaskan, untuk meringankan beban mereka, pihaknya bersama dinas sosial telah menyalurkan sejumlah bantuan logistik. “Semoga bantuan yang diberikan bisa sedikit meringankan beban mereka,” jelasnya sembari menyatakan, untuk pembersihan material sudah dilakukan pemilik rumah dibantu warga sekitar. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN