Margo Yuwono. (BP/Antara)

JAKARTA, BALIPOST.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono menyebut aktivitas di rumah mengalami penurunan pada November 2021. Ini, mengindikasikan terjadi peningkatan aktivitas di tempat lainnya.

“Kalau melihat data Google Mobility, menunjukkan bahwa untuk aktivitas di rumah relatif mengalami penurunan, yang artinya menunjukkan aktivitas di tempat lain mengalami peningkatan. Pertama peningkatan terjadi di tempat perdagangan, ritel, dan tempat rekreasi,” kata Margo saat menggelar konferensi pers dikutip dari Kantor Berita Antara, Senin (3/1/2022).

Baca juga:  Produksi Beras Nasional Berpotensi Naik Hampir 5 Persen

Margo menyampaikan, peningkatan mobilitas juga terjadi di tempat belanja kebutuhan sehari-hari pada November 2011. Peningkatan aktivitas juga terlihat di taman sebesar 6,25 persen jika dibandingkan pada basis dasar awal 2020, atau saat pandemi COVID-19 belum melanda Indonesia.

Selain itu, Margo mengatakan bahwa aktivitas di tempat transit dan tempat kerja mulai meningkat. Meskipun, belum kembali pada kondisi normal yakni pada awal 2020.

Baca juga:  Menyongsong Industri Kreatif

Diketahui, kegiatan masyarakat di rumah mulai meningkat sejak COVID-19 melanda Indonesia pada Maret 2021. Sejak priode tersebut, pemerintah menetapkan Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang mengakibatkan kegiatan masyarakat di tempat umum relatif menurun.

Seiring semakin menurunnya kasus COVID-19 di Indonesia, maka kegiatan masyarakat di berbagai tempat mulai mengalami peningkatan hingga November 2021. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *