Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (kanan) memberikan keterangan pers usai pertemuan dengan Komandan Sirkuit MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto. (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Gelaran MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung pada Maret mendatang. Guna menyukseskan perhelatan bergengsi ini, pembangunan infrastruktur IT dan komunikasi di kawasan itu akan ditambah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, usai pertemuan dengan Komandan Sirkuit MotoGP Mandalika Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto, Senin (27/12) mengatakan pihaknya mendukung penuh suksesnya event internasional yang dihadiri sekitar 900 pembalap dan official dari berbagai negara itu. Menurutnya, Kementerian Kominfo menyiapkan tambahan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi agar lebih memadai.

“Kami mendiskusikan bagaimana untuk menyiapkan infrastruktur TIK yang lebih memadai agar penyelenggaraan, baik secara teknis untuk MotoGP-nya sendiri termasuk penambahan spektrum frekuensi radio yang masih dibutuhkan,” jelasnya dalam keterangan pers yang diterima.

Baca juga:  Dorong Pemulihan Ekonomi, GoTo Berpartisipasi di Mandalika GP Series 2022

Kementerian Kominfo juga telah menyediakan dukungan infrastruktur digital melalui jaringan tulang punggung telekomunikasi kabel serat optik untuk transmisi data dari Mandalika ke berbagai daerah di Indonesia dan dunia. Bahkan, menurutnya, jaringan tulang punggung itu juga menyempurnakan layanan telekomunikasi seluler.

“Tadi kami mendiskusikan bagaimana melengkapi agar penyediaan bandwidth dan BTS (Base Transceiver Station) dari operator seluler yang lebih baik. Di sana kebetulan ada dua operator yang besar yang beroperasi di Mandalika yaitu Telkomsel dan XL,” ujarnya.

Menteri Johnny G. Plate menyatakan pihaknya juga sedang mendiskusikan letak koordinat atau desa mana saja di Mandalika yang perlu ditambahkan untuk memperkuat sinyal penyelenggaraan layanan telekomunikasi.

Baca juga:  Presiden Tandatangani Pemecatan Ferdy Sambo

Selain dukungan infrastruktur TIK, Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik juga mendukung kesuksesan komunikasi publik untuk MotoGP. “Kominfo memberikan dukungan melalui Ditjen IKP dalam kaitan dengan iklan layanan publik, talkshow, media komunikasi luar ruangan, advertising dan lain sebagainya untuk memberikan dukungan agar penyelenggaraan ini dapat berlangsung sukses,” ujar Menkominfo.

Sementara itu, Hadi menyatakan, event sebelumnya yang telah digelar yakni World Superbike (WSBK) 2021 menjadi salah satu pengalaman penyelenggaraan MotoGP pada Maret 2022. “Bulan Februari 2022 nanti tanggal 11 sampai tanggal 13 ada pramusim yang dilaksanakan akan dihadiri 900 pembalap dan official, dan di situlah kita akan mensimulasi kekurangannya apa dalam penyelenggara maret nanti supaya sukses,” ujarnya.

Baca juga:  Pengalaman Teknologi 5G akan Digelar di Mandalika

Hadi Tjahjanto memastikan sarana dan prasarana menjelang MotoGP akan terus dibenahi. Salah satunya, membuka lima pintu masuk menuju Mandalika termasuk pintu pelabuhan.

“Di sana ada (pelabuhan) Gili Mas, pelabuhan Plangsang, pelabuhan Lembar dan pelabuhan Kayangan. Empat pelabuhan terus kita benahi supaya penonton nanti bisa merasa nyaman, bisa masuk dari pintu masuk empat pelabuhan tadi sampai dengan Mandalika dengan nyaman,” jelasnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN