Sejumlah wisatawan berada di Pantai Sawangan, Nusa Dua, Badung. Kunjungan ke obyek wisata pantai di Bali mengalami kenaikan pada akhir tahun 2021 ini. (BP/Hendri Febriyanto)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Menjelang akhir tahun 2021, okupansi hotel di kawasan Nusa Dua mengalami kenaikan. Dari data per 1 hingga 18 Desember 2021, tercatat tingkat hunian hotel di atas 50 persen.

Data ini meningkat jika dibandingkan dengan occupancy rate bulanan pada tiga bulan sebelumnya, yaitu November 2021 sebesar 33,03 persen, Oktober 2021 sebesar 26,63 persen, dan September 2021 sebesar 10,94 persen. Capaian selama 18 hari pada Desember 2021 ini sebesar 50,37 persen, juga lebih tinggi dibandingkan rata-rata occupancy rate pada Desember 2020 hanya sebesar 23,56 persen. Sementara, pada periode September-November 2020 occupancy rate berturut-turut sebesar 4,63 persen, 8,93 persen, dan 10,90 persen.

Baca juga:  Batasi Mobilitas, Luhut Imbau Perkantoran Kembali Terapkan WFH

Menurut Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita, peningkatan occupancy rate ini dipengaruhi oleh bertambahnya kegiatan kepariwisataan di kawasan The Nusa Dua. Mulai dari penyelenggaraan event olahraga, hingga event Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) bertaraf internasional.

“Penyelenggaraan event di The Nusa Dua yang kembali marak, baik event nasional maupun internasional, sangat membantu memulihkan occupancy rate kami yang sempat terdampak pembatasan kegiatan masyarakat. Kami optimistis sejumlah agenda event yang akan berlangsung beberapa waktu ke depan akan membantu upaya kami dalam menjaga tren positif kunjungan wisatawan ke The Nusa Dua ini,” kata Ardita.

Selama periode September hingga pertengahan Desember 2021 ini, The Nusa Dua telah menjadi lokasi penyelenggaraan beberapa event bertaraf nasional maupun internasional diantaranya Indonesia Badminton Festival (IBF) pada pertengahan November sampai awal Desember 2021, Rapat Pimpinan  Nasional (Rapimnas) KADIN 2021, 14th Bali Democracy Forum (14th BDF) dan 1ST  Finance and Central Bank Deputies Meeting (1st FCBD) sebagai rangkaian G20 pada awal Desember 2021, serta Grand Final Piala Presiden Esports yang berlangsung pada pretengahan Desember 2021.

Baca juga:  Tingkatkan Kenyamanan Wisatawan, Industri Mesti Manfaatkan Sistem Pembayaran Online

The Nusa Dua juga telah terpilih sebagai lokasi rangkaian penyelenggaraan event KTT G20 mulai Desember 2021 hingga Oktober 2022. Sebanyak delapan hotel di kawasan The Nusa Dua telah ditunjuk sebagai lokasi menginap para delegasi selama penyelenggaraan event.

Kedelapan hotel tersebut adalah The Laguna Luxury Collection Collection Resort & Spa, Grand Hyatt Bali, The St. Regis Bali Resort, Melia Bali, Merusaka Nusa Dua, The Westin Resort Nusa Dua Bali, Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Nusa Dua Beach Hotel & Spa.

Baca juga:  Ketua DPD Gerindra Bali Berpulang, Sebelumnya Sempat Safari Politik

Selain rangkaian KTT G20, The Nusa Dua juga akan menjadi tuan rumah sejumlah event. Di antaranya Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) pada Mei serta Bali and Beyond Travel Fair 2022 pada Juni.

“Saat ini juga tengah disiapkan penambahan akomodasi berupa 2 hotel bintang 5 dan 1 luxury villas dengan total 892 kamar,” tambah Ardita. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN