Petugas BPBD Gianyar menangani longsor yang terjadi Senin (20/12). (BP/Istimewa)

GIANYAR, BALIPOST.com – Pohon tumbang dan longsor terjadi di sejumlah lokasi di Gianyar pada Senin (20/12). Bencana ini disebabkan hujan deras yang mengguyur kabupaten itu.

Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gianyar, Drs. Ida Bagus Putu Suamba didampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, IGN Dibya Presasta Selasa (21/12) mengatakan pada Senin (20/12) sekitar pukul 18.10 WITA telah terjadi pohon tumbang di Jalan III Candibaru Desa Gianyar Kecamatan Gianyar. Suamba mengatakan pohon ini memiliki panjang kurang lebih 5 meter dan diameter pohon kurang lebih 40 cm.

Baca juga:  Hujan Lebat, Pohon di Jalur Singaraja Ampalpura Tumbang

Penyebab kejadian pohon tumbang karena cuaca ekstrem. “Beruntung tidak terjadi korban jiwa maupun kerugian material,” ucapnya.

Anggota TRC BPBD Gianyar setelah tiba di tempat kejadian pohon tumbang langsung melakukan penanganan dan pembersihan. “Sekitar pukul 19.40 WITA, pohon singapur yang menutupi akses Jalan III Candibaru sudah selesai dibersihkan dan akses jalan kembali normal,” ucapnya.

Selain pohon tumbang, pada pukul 15.40 WITA juga terjadi tanah longsor di Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Gianyar. Tanah longsor dengan panjang sekitar meter dan ketebalan material longsor sekitar 90 cm menutupi setengah akses jalan.

Baca juga:  Bantuan STB Diharapkan Sasar Semua Warga

“Sekitar pukul 18.30 WITA tanah longsor sudah dapat ditangani dan dibersihkan, dan akses jalan kembali normal,” tambahnya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN