Ny. Wury Ma’ruf Amin (3 kiri) didampingi Ny. Putri Suastini Koster (3 kanan) saat mengunjungi Pameran Bali Bangkit di Art Center, Denpasar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Istri Wakil Presiden, Hj. Wury Ma’ruf Amin yang juga merupakan Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Pusat mengunjungi Pameran IKM Bali Bangkit Tahap V pada, Jumat (Sukra Paing, Pahang) 17 Desember 2021 di Gedung Ksirarnawa Taman Budaya Art Center Denpasar. Kedatangan Ibu Wapres Wury Ma’ruf Amin disambut oleh Ibu Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster yang didampingi oleh Ny. Uli Simanjuntak, Dr. Ni Luh Ketut Mahajani, Fetty Husein Sagaf, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Bali, I Wayan Jarta.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster mengajak Ketum Dekranas Pusat, Ibu Wury Ma’ruf Amin berkeliling mengunjungi Pameran IKM Bali Bangkit yang menampilkan kerajinan produk lokal Bali dengan menggunakan sumber daya alam, sumber daya manusia, dan kebudayaan yang dimiliki Bali seperti Kain Tenun Songket, Kain Tenun Endek Bali, kerajinan perak dan emas, kerajinan logam dan besi, kerajinan patung dan seni lukis, hingga anyaman bambu yang sejalan dengan semangat Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri Lokal Bali.

Baca juga:  Kembali, BRI Jadi Merek Bank Paling Bernilai di Indonesia

Ketum Dekranas Pusat, Ibu Wury Ma’ruf Amin dihadapan pelaku IKM secara singkat mengungkapkan produk IKM/UMKM di Bali sangat bagus dan kreatif.

Kunjungan istri Wapres ke Pameran IKM Bali Bangkit Tahap V pada, Jumat (17/12), disambut rasa syukur dan ucapan terimakasih dari para pelaku IKM karena Pameran IKM Bali Bangkit Tahap V yang digagas oleh Ny. Putri Suastini Koster secara gratis ini mampu menghadirkan seorang Ibu Wakil Presiden, Hj. Wury Ma’ruf Amin ke Art Centre, Denpasar. Hal itu diungkapkan oleh Kadek Mastri Dwijayanti selaku pelaku IKM Tenun Ikat Putri Ayu asal Blahbatuh, Gianyar yang menyatakan rasa terimakasihnya kepada Ibu Wapres, karena di masa pandemi sekarang ini telah memiliki jiwa yang interes terhadap produk lokal Bali, terutama Kain Tenun Endek Bali. “Saya sangat bangga dan berterimakasih kepada Ibu Wapres dalam kunjungannya ke Pameran IKM Bali Bangkit yang juga sempat membeli Kain Tenun Endek Bali ‘Dior’,” kata Kadek Mastri.

Baca juga:  Fasilitasi UMKM, Dekranasda Bali Apresiasi Tawaran Mangga Dua Square

Kemudian, I Wayan Gede Susana yang merupakan seniman lukis juga menyampaikan hal senada. Kata Gede Susana, Ibu Wury Ma’ruf Amin  sangat tertarik dengan lukisan yang digoreskannya menggunakan cat air di atas kain kanvas dengan judul Ibu Wapres berukuran 100 x 120 cm.

“Ibu Wapres sangat senang dengan lukisan yang Saya buat, dan lukisan yang berjudul Ibu Wapres ini diminta untuk dikirimkan ke Jakarta, hingga dalam waktu dekat ini Saya juga diminta untuk membuatkan satu lukisan dengan mengambarkan Bapak Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin,” kata Gede Susana sekaligus memberikan apresiasi atas kehadiran istri dari Wapres RI, KH Ma’ruf Amin ke Pameran IKM Bali Bangkit.

Baca juga:  Tarif PCR Seharga 300 Ribu Dinilai Masuk Akal

Sementara pelaku IKM asal Tabanan, I Made Agus Sumadi yang menjual produk olahan besi lembaran yang diciptakannya menjadi celengan dengan desain yang menarik mengungkapkan rasa bangganya, karena Ibu Wapres Republik Indonesia datang langsung ke Pameran IKM Bali Bangkit dan membeli kerajinan berbentuk vespa yang ia buat. “Ini luar biasa sekali, dan Saya sangat bergembira sekali Ibu Wapres meluangkan waktu berkunjung ke Pameran IKM Bali Bangkit serta menghargai hasil karya para pelaku IKM di Bali,” ujar pelaku IKM Warna-Warni Iron Handcraft ini.

Di akhir kunjungannya, Ketua Umum Dekranasda Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster memberikan cenderamata berupa Kain Tenun Endek Bali kepada Ibu Wakil Presiden, Hj. Wury Ma’ruf Amin, yang sekaligus dijadikan ajang promosi ketingkat nasional sesuai dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali. (kmb/balipost)

 

BAGIKAN