Alat berat membongkar bangunan RSU Bangli yang lama. (BP/Istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Proyek pembangunan gedung baru rumah sakit umum (RSU) Bangli segera dimulai. Hal ini menyusul telah dilakukannya penandatanganan kontrak terkait pengerjaan pembangunan antara pihak RSU dengan penyedia.

Proyek yang menelan dana Rp 71 miliar lebih itu ditargetkan tuntas September 2022. Kasubag Hukum, Humas dan Pemasaran RSU Bangli, Sang Kompyang Arie Sukma Wijaya mengatakan, penandatanganan kontrak pengerjaan pembangunan dilakukan di RSU Bangli, Rabu (8/12) dihadiri Bupati.

Proyek pembangunan gedung baru RSU akan dikerjakan TJS SME.KSO. Sesuai kontrak, pengerjaan akan dilakukan selama sepuluh bulan.

Ada dua unit gedung yang akan dibangun yakni gedung IA dan IB. “Sesuai kontrak target bulan September 2022 finishnya,” kata Sang Kompyang.

Baca juga:  RS Rujukan Penuh, RSU Bangli Rawat Dua Pasien COVID-19

Sebelum dimulainya pembangunan, pihak RSU telah melakukan pembongkaran terhadap gedung yang lama. Peletakan batu pertama juga sudah dilakukan mendahului 5 November 2021.

Dikatakan Sang Kompyang, pembangunan gedung baru ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan RSU Bangli. Sebagaimana yang ditekankan bupati, kata Sang Kompyang, peningkatan pelayanan dimulai dengan pemenuhan fasilitas bangunan fisik.

Selanjutnya layanan ditingkatkan dan diperbanyak. “Untuk meminimalisir pasien dirujuk ke luar,” jelasnya.

Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta dikonfirmasi terpisah menyebut proyek pembangunan gedung baru RSU Bangli ini termasuk proyek terbesar yang pernah ada di Bangli. Ia berharap semua pihak bisa bersinergi dalam rangka pembangunan ini. Sehingga hasilnya nanti sesuai dengan harapan.

Baca juga:  Sejak September 2019 Bangli Tak Punya CT Scan, Pasien Terpaksa Dikirim ke RSU Klungkung

Disampaikan juga bahwa sebagai bentuk komitmennya dalam perbaikan RSU Bangli, di samping membangun gedung, kata Sedana Arta, beberapa langkah sudah dilakukan pihaknya. Mulai dari berkantor di RSU, hingga melakukan penyegaran dan terus melengkapi SDM terutama sub spesialis dan alat-alat kesehatan. “Karena rakyat sekarang menginginkan hasil yang nyata yang bisa dirasakan oleh masyarakat secara umum. Maka semangat jengah terus tiang sampaikan kepada semua pejabat dan ASN di Bangli,” pungkasnya.

Baca juga:  Parah! Survei Kisara Sebut Segini Perbandingan Remaja yang Alami "Bullying"

Untuk membangun gedung baru RSU Pemkab Bangli pinjam dana Rp 75 miliar ke PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Dua unit gedung yang dibangun diperuntukan untuk sejumlah pelayanan. Gedung 1A yakni lantai B1 untuk Laboratorium dan Radiologi, Lantai 1 untuk IGD, Bank darah dan Farmasi, Lantai 2 untuk VK, Perinatologi, dan NICU, Lantai 3 untuk ICU, ICCU dan Fisiotherapy.

Sedangkan Gedung 1B yakni lantai B1 untuk Poliklinik, Rekam Medik dan Farmasi Poli, Lantai 1 untuk Poliklinik dan HD, Lantai 2 untuk CSSD dan Penunjang OK (Kamar Operasi) dan Lantai 3 untuk OK. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN