BRI memberikan bantuan pada warga terdampak erupsi Gunung Semeru. (BP/Dokumen BRI)

LUMAJANG, BALIPOST.com – Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dilaporkan mengalami erupsi pada Sabtu (4/12). Erupsi yang disertai guguran awan panas mengharuskan warga di sekitar Gunung Semeru mengungsi.

BRI melalui CSR BRI Peduli merespons cepat adanya bencana alam tersebut.  Satgas Bencana BRI, Tim Elang, kini terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk membantu warga yang terdampak.

Bantuan yang disalurkan BRI kepada warga terdampak fokus pada kebutuhan yang dibutuhkan para pengungsi, diantaranya adalah bantuan mobil evakuasi, makanan siap saji, air mineral, slimut, tenda, kasur lipat, masker, survival kit, obat-obatan, dsb.

Baca juga:  Dorong Pariwisata Pulau Komodo, BRI Peduli Beri Bantuan Infrastruktur

Bantuan tanggap darurat tersebut disalurkan oleh insan BRIlian (pekerja BRI) melalui unit kerja terdekat dengan wilayah bencana, diantaranya Regional Office BRI Malang, Cabang BRI Lumajang, Pasuruan, Situbondo, Probolinggo, dan Jember.

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengatakan BRI Group bergerak cepat membantu warga yang terdampak bencana kemarin hingga pada tahap pemulihan atau pasca bencana.

“BRI terus berupaya menyalurkan bantuan tanggap darurat dan percepatan pemulihan bencana gunung meletus di Kabupaten Lumajang. Kami terus berkoordinasi dan menyalurkan bantuan ke posko-posko evakuasi, itu prioritas utama kami,” jelas Aestika (5/12).

Baca juga:  Jokowi Beri Target Penanganan COVID-19 di Jatim

Sementara itu, Aestika juga menginformasikan bahwa layanan perbankan pada unit kerja BRI dan operasional BRI di wilayah sekitar Gunung Semeru tidak terdampak secara signifikan. Dapat dipastikan bahwa layanan tetap berjalan normal agar kegiatan perekonomian dapat segera berangsur pulih dan masyarakat dapat segera beraktivitas normal kembali.  “Operasional perbankan BRI di sekitar wilayah kami upayakan dapat tetap berjalan tanpa gangguan untuk melayani kebutuhan layanan perbankan di sekitar lokasi bencana,” tambah Aestika.

Baca juga:  Pansus Angket KPK Dorong Pembentukan Dewan Pengawas KPK

Masyarakat juga masih bisa mengakses layanan transaksi melalui ATM, CRM, hingga AgenBRILink. Selain itu, layanan digital banking BRI seperti BRImo, mobile banking, internet banking juga tetap tersedia untuk melayani kebutuhan perbankan masyarakat. (Adv/balipost)

BAGIKAN