Gubernur Koster saat menerima kunjungan kerja Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto di Jayasabha, Denpasar pada, Selasa (16/11). (BP/Win)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gubernur Bali, Wayan Koster menerima kunjungan kerja Wakil Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Iwan Budianto di Jayasabha, Denpasar pada, Selasa (16/11). Dalam kunjungan kerja yang dihadiri oleh Pieter Tanuri selaku Pemilik Bali United FC dan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, Ketut Ngurah Boy Jayawibawa tersebut, membahas persiapan Sepakbola BRI Liga 1 yang akan berlangsung di Pulau Dewata.

Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto mengatakan tujuannya bertemu Gubernur Koster untuk memohon dukungan agar pelaksanaan BRI Liga 1 di Pulau Bali yang akan diikuti oleh 18 klub sepakbola nasional ini bisa berjalan dengan lancar pada awal tahun 2022 mendatang. Saat ini pihaknya sudah melakukan verifikasi awal kepada stadion di Bali. Tercatat ada 4 stadion yang sedang diverifikasi dan akan menjadi alternatif untuk menyukseskan penyelenggaraan BRI Liga 1 ini. Diantaranya, Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar; Stadion I Gusti Ngurah Rai di Denpasar; Stadion Kompyang Sujana di Denpasar; dan Stadion Samudra di Badung.

Dalam verifikasi stadion ini, ada 3 aspek yang menjadi point utama untuk diverifikasi, yaitu infrastruktur lapangan dan lampu, marketing area, serta host broadcaster area. Kemudian ada 12 lapangan latihan yang akan menjadi alternatif untuk dijadikan tempat berlatih para club BRI Liga 1. Seperti, di Kabupaten Badung ada 11 yang terdiri dari Finss Recreation Club, Garuda Dalung, Penataran Agung – Kedonganan, Yoga Perkanthi, Beji Mandala Pecatu, Desa Kutuh, Trisakti, Desa Buduk, Mengwi, Munggu, dan Banteng. Alternatif selanjutnya ada di Kota Denpasar sebanyak 5 lapangan latihan, yakni Lapangan Pemecutan, Kapten Japa, Grand Bali Beach, Lapangan Letda Made Pica, dan Karya Manunggal. Sedangkan di Kabupaten Gianyar alternatif lapangan latihannya ada 3, yaitu Lapangan Laba Bhuana, Astina, dan Wenara Mandala. Terakhir PSSI memberikan alternatif lapangan latihan di Kabupaten Tabanan sebanyak 2, diantaranya Lapangan Desa Beraban dan GOR Debes.

Baca juga:  Diteriaki "Lanjutkan!" di Jembrana, Ini Respons Gubernur Koster

“Untuk lapangan latihan ini, Kami memohon kepada Bapak Gubernur Bali agar membantu PSSI memberikan penggunaan lapangan latihan untuk club sepakbola BRI Liga 1 secara gratis,” ujar Iwan Budianto.

Pada kesempatan tersebut, Iwan Budianto menyampaikan 4 laporan kepada Gubernur Koster. Pertama, bahwa BRI Liga 1 yang memasuki putaran ke-4 dan ke-5 akan berlangsung pada bulan Januari sampai Februari 2021. Kedua, selama di Bali, jumlah personil club sepakbola BRI Liga 1 yang akan menginap di hotel kurang lebih sebanyak 60-70 orang. Untuk itu pihaknya memohon dukungan dari Gubernur Koster agar membantu memberikan PSSI kebijakan komunikasi dengan pihak pengelola hotel di Bali, supaya club sepakbola BRI Liga 1 diberikan diskon harga kamar.

Baca juga:  Menteri PUPR dan Gubernur Koster "Groundbreaking" Tol Jagat Kerthi Bali

Ketiga, di dalam satu kali pertandingan yang akan ada di stadion, jumlahnya 299 orang lebih yang terdiri dari pemain, official, panitia, dan lain sebagainya. Dan keempat, di dalam penyelenggaraan BRI Liga 1 ada sebuah kebijakan Pemerintah yang mengizinkan pertandingan BRI Liga 1 disaksikan oleh penonton di stadion dengan jumlah 25 persen dari kapasitas maksimal.

Mendengar hal tersebut, Gubernur Koster menyambut baik atas inisiatif PSSI menggelar BRI Liga 1 di Pulau Bali selama dua bulan, yakni dari Januari sampai Februari. Gubernur Bali jebolan ITB ini menyampaikan bahwa sepakbola sangat diminati oleh banyak orang. Untuk itu, orang nomor satu di Pemprov Bali menyatakan dukungannya terhadap PSSI agar BRI Liga 1 yang akan berlangsung di Bali bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga:  Ini, Kata Gubernur Soal Insentif Nakes dari Provinsi untuk Juni-Desember

“Kami akan memberikan dukungan berupa Tes Antigen kepada pemain, pelatih, dan official. Termasuk memberikan fasilitas lapangan latihan sepakbola secara gratis. Untuk permohonan diskon kepada pengelola hotel yang akan dijadikan tempat menginap, akan segera Kami komunikasikan dengan pihak pengelola hotel yang sedang di data oleh PSSI,” ujar Gubernur Koster.

Mengenai kehadiran penonton di stadion, Gubernur asal Desa Sembiran Buleleng ini menegaskan akan segera mengkomunikasikannya dengan Pemerintah Pusat. Mengingat Pulau Bali saat ini sedang menjadi perhatian dunia termasuk Pemerintah Pusat, karena Bali di tahun 2022 akan menjadi tuan rumah KTT G20 yang dihadiri oleh seluruh pemimpin di dunia. Untuk itu, yang menjadi perhatian bersama saat ini ialah mengendalikan sebaran Covid-19 agar terus melandai kasusnya seperti saat ini. “Jadi, apabila nanti ada penontonnya di stadion, maka yang harus diperhatikan bersama oleh PSSI ialah pengetatan protokol kesehatan, termasuk yang datang ke stadion, hingga penontonnya harus menunjukan aplikasi PeduliLindungi,” tegasnya. (Winata/Balipost)

BAGIKAN