Bunga Tabebuya bermekaran. (BP/istimewa)

BANGLI, BALIPOST.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangli akan melakukan peremajaan pohon di Kota Bangli. Rencananya peremajaan itu dilakukan tahun ini.

Menurut Sekretaris DLH Kabupaten Bangli Gusti Laksana, pihaknya masih melakukan proses pemangkasan dan pencabutan beberapa pohon untuk kemudian ditanami pohon baru. Pohon baru yang akan ditanam yakni jenis Jepun dan Tabebuya. Untuk pengadaan pohon itu anggaran yang disiapkan mencapai ratusan juta.

Baca juga:  Bunga Kasna Ditetapkan Ikon dan Bunga Khas Karangasem

Dalam kesempatan itu, Laksana mengatakan cukup kewalahan menerima permintaan pemangkasan pohon perindang dari masyarakat. Dalam sehari ada 1 hingga 2 permohonan yang masuk. Untuk bisa memberikan pelayanan maksimal, DLH butuh tambahan armada sky lift.

Permintaan tidak hanya di seputaran kota Bangli, namun juga di kecamatan Susut dan Tembuku. Untuk melakukan pemangkasan, DLH selama ini hanya mengandalkan satu unit armada sky lift.

Karenanya tidak semua permohonan yang masuk bisa ditindaklanjuti dengan cepat. DLH mendahulukan pemangkasan pada pohon yang dianggap berisiko. “Kami nilai, mana yang berisiko dan mana yang masih bisa ditunda untuk diagendakan. Karena sekarang sky lift yang kami miliki juga masih diprioritaskan untuk pesiapan peremajaan pohon di Kota,” jelasnya.

Baca juga:  Longsor, Arus Lalin Bangli-Singaraja Macet Berjam-jam

Laksana mengaku pihaknya sudah mengusulkan penambahan satu unit sky lift yang baru ke bupati. Namun karena terbentur anggaran, pengadaan sky lift baru belum bisa dilakukan.

Ia mengungkapkan tahun ini DLH mendapat anggaran untuk pengadaan dua unit truk amroll untuk angkut sampah dengan nilai mencapai Rp 1 miliar lebih. “Kami inginnya bisa melayani seluruh masyarakat, tidak hanya yang di kota kabupaten/kecamatan saja,” ujarnya. (Dayu Swasrina/balipost)

Baca juga:  Panjat Kelapa, Warga Pejeng Terpeleset dan Jatuh ke Jurang
BAGIKAN