Cek-Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) didampingi BPBD Karangasem melakukan pengecekan serta penelusuran jalur sesar dibeberapa Banjar di Desa Ban, Kec Kubu, Karangasem, Rabu (21/10). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) didampingi BPBD Karangasem melakukan pengecekan serta penelusuran jalur sesar dibeberapa Banjar di Desa Ban, Kec Kubu, Karangasem, Rabu (21/10). Pengecekan dilakukan untuk memastikan bencana gempa bumi yang terjadi.

Plt Kabid Kebencanaan dan Kesiapsiagaan, BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana, mengungkapkan, pengecekan dan penelusuran jalur sesar yang dilakukan tersebut guna memastikan gempa yang mengakibatkan ribuan unit bangunan rusak parah. Pengecekan dan penelusuran jalur sesar di Desa Ban dengan menggunakan alat mikrotremor. “Kegiatan itu dilakukan untuk mengetahui kondisi tanah dan lapisan tanah yang ada di Desa Ban. Pengecekan dilakukan di beberapa titik yang kondisinya paling parah,” ucapnya.

Baca juga:  Sejarah Panjang Erupsi Gunung Semeru, Sudah Terdokumentasi Sejak 1818

Eka Putra, Tirtana, menambahkan, petugas PVMBG mengecek jalur sesar di Banjar Dinas Jatituhu dan Banjar Dinas Temakung. Untuk di Jatituhu lapisan bebatuan agak tipis, sedangkan lapisan atasnya agak tebal. Kondisi ini kemungkinan yang membuat bangunan warga rusak, retak, hingga ambruk.

Sementara di Temakung lapisan bebatuan agak tebal, dan lapisan atasnya tipis. “Hasil data yang didapat dari penelusuran akan digunakan untuk mengeluarkan rekomendasi dari PVMBG,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Hari Ini, Lima Negara Keluarkan Travel Advisory
BAGIKAN