Presiden Jokowi membuka UDG XIV, Minggu (17/10). (BP/Istimewa)

JAKARTA, BALIPOST.com – Presiden Joko Widodo membuka Utsawa Dharmagita (UDG) Tingkat Nasional XIV Tahun 2021 pada Minggu (17/10). UDG tahun ini dilaksanakan di Jakarta secara semi virtual.

Dalam sambutannya, Jokowi mengungkapkan rasa bangganya atas penampilan para peserta selama proses perekaman video lomba yang mengenakan keberagaman pakaian adat dari daerahnya masing-masing.

“Saya gembira menyaksikan para peserta mengenakan pakaian adat dari daerahnya masing-masing menjadikan acara ini bukan hanya festival keagamaan, tapi menjadikan festival keragaman budaya nusantara yang menghormati perbedaan dan keragaman,” kata Jokowi, dalam siaran persnya.

Baca juga:  FMA Sepakati SuperPass Siarkan Piala Dunia 2018

Dengan menampilkan keberagaman budaya nusantara dalam UDG, Jokowi menyebut dapat menjadi fondasi semangat persatuan atas keberagaman umat beragama. “Hal tersebut menjadi modal untuk menguatkan fondasi persatuan yang hidup di atas kebinekaan,” sambungnya.

Jokowi menambahkan, pelaksanaan UDG XIV secara semi virtual menjadi contoh yang baik bagi masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. “Saya juga mengapresiasi acara yang dilakukan secara virtual ini, memberikan contoh yang baik kepada masyarakat untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan,” ucapnya.

Baca juga:  PKPI Tak Lolos Pemilu 2019

Dirjen Bimas Hindu, Tri Handoko Seto menyampaikan UDG XIV tahun ini diikuti oleh 587 peserta dari 31 provinsi. Kegiatan ini akan memperebutkan 25 kejuaraan lomba dari tujuh jenis lomba. “Setelah melalui proses penjurian, malam penganugerahan UDG XIV akan berlangsung pada hari Kamis mendatang,” ungkap Tri. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *